92 Danton se-Kodam III Siliwangi Ikut Uji Siap Jasmani Militer di Sukabumi -->

Iklan Atas

92 Danton se-Kodam III Siliwangi Ikut Uji Siap Jasmani Militer di Sukabumi

Sabtu, 22 Oktober 2022

 

Pangdam III Siliwangi Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo melepas 92 danton melaksanakan cross country dalam rangkaian USJM di Mako Yonif 310 KK, Sukabumi.


SUKABUMI - Kodam III Siliwangi menggelar Uji Siap Jasmani Militer (USJM) Ketangkasan Jabatan Komandan Peleton (Danton) di Markas Komando (Mako) Batalyon Infanteri 310 Kidang Kencana, Jalan Cikembar-Jampang Tengah, Kabupaten Sukabumi, Kamis (20/10/2022). USJM yang diikuti 92 danton itu bertujuan untuk memelihara dan meningkatkan kemampuan tempur para prajurit.


Kegiatan itu ditinjau Pangdam III Siliwangi Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo dan pejabat utama Kodam III Siliwangi. "USJM dilaksanakan secara bertahap, bertingkat dan berlanjut," kata Kepala Penerangan Kodam (Kapendam) III Siliwangi Letkol Inf Adhe Hansen, sebagaimana dikutip iNews.id.


USJM ketangkasan danton, ujar Letkol Inf Adhe Hansen, merupakan salah satu upaya untuk mengetahui keterampilan prajurit, baik perorangan maupun satuan, dalam mendukung tugas pokok.


"Pelaksanaan uji siap jasmani militer dimulai dari Kamis (20/10) hingga Sabtu (22/10) mendatang," ujar Letkol Inf Adhe Hansen, Jumat (21/10/2022). 


Materi yang diujikan dalam USJM, tutur Kapendam, antara lain cross country, renang militer, menembak, dan HTF. "USJM diikuti 92 perwira pertama (pama) yang menjabat danton se-Kodam III Siliwang," tutur Kapendam. 


Sementara itu, seusai melepas cross country, Pangdam III Siliwangi meninjau perlengkapan regu operasi dari Yonkav 4 dengan regu gerilya modern, Yonzipur 3 dengan Regu DSPP drone, Yon Arhanud 14 dengan regu DSPP cyber.


Kemudian, Yon armed 4 dengan regu DSPP selam, Yonif 315 dengan regu DSPP matan, Yonif 312 dengan regu DSPP pertempuran sungai, yonif 310 dengan regu DSPP pertempuran kota, serta Yonif R 300 dengan regu DSPP pertempuran hutan. 


Pangdam III Siliwangi mengatakan, alat dan perlengkapan harus prima untuk mengoptimalkan fungsi dalam menjalankan tugas pokok satuan jajaran Kodam III Siliwangi.(*)