Balitbangda Solok Rangkul UNP, Penelitian Perancangan Destinasi Wisata Sungai Berbasis Sosial Budaya -->

Balitbangda Solok Rangkul UNP, Penelitian Perancangan Destinasi Wisata Sungai Berbasis Sosial Budaya

Sabtu, 08 Oktober 2022


.

Padang - Tim peneliti Universitas Negeri Padang (UNP) akan terlibat dalam Penelitian faktor dan strategi berbasis budaya untuk pengembangan Daerah Aliran Sungai (DAS) batang lembang menuju destinasi wisata di Kota Solok. 


Research ini merupakan kerja sama antara Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah Kota Solok dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) UNP. Dalam penelitian ini melibatkan tiga bidang ilmu yakni Sosiologi, Antropologi, dan Ilmu Pariwisata.


Pada kegiatan pertemuan dengan Kabid Ekonomi Sosial Budaya dan Pemerintahan Balitbangda Solok, Indraferi dikatakan kerja sama  riset ini merupakan lanjutan dari program sebelumnya tentang penataan taman Kota Solok yang melibat tiga peneliti sebelumnya karena pada dasarnya Pemko Solok menyusun program pengembangan Destinasi Wisata Sungai berbasis sosial budaya, karena itu perlu kerja sama dengan tim peneliti dari UNP.


Sementara itu, Ketua Tim Peneliti, Dr. Erianjoni, S.Sos., M.Si mengatakan bahwa kerja sama ini merupakan bagian dari Nota Kesepahaman yang telah disepakati oleh UNP dengan Pemko Solok, selanjutnya yang lebih penting UNP akan membuat hilirisasi riset ini melalui program pengabdian masyarakat dan terbuka bagi dosen UNP untuk mengajukan proposalnya pada pendanaan pengabdian masyarakat tahun 2023 mendatang.


Selain itu tim peneliti UNP terdiri dari Dr. Wirdanengsih, S.Sos, M.Si (bidang Antropologi), Kurnia Illahi Manvi, S.ST., Par., M.Par dan melibatkan dua orang asisten dosen UNP sebagai tenaga pendukung yakni Titen Darlis Santi, S.Pd., Gr., M.Pd.,(Fakultas Pariwisata dan Perhotelan) dan Alfajri Yusra, S.Pd., M.Pd. (Fakultas Ilmu Sosial). ( Humas UNP )