Berapa Uang yang Harus Dibayar Elon Musk untuk 3 Petinggi Twitter yang Dipecat? -->

Berapa Uang yang Harus Dibayar Elon Musk untuk 3 Petinggi Twitter yang Dipecat?

Sabtu, 29 Oktober 2022

Berapa uang yang harus dibayar Elon Musk untuk 3 petinggi Twitter yang dipecat? Foto: Reuters



SAN FRANCISCO Elon Musk telah memecat tiga eksekutif top Twitter setelah menutup kesepakatan akuisisi platform media sosial itu senilai 44 miliar dolar AS pada Kamis (27/10/2022). Menurut sumber yang mengetahui situasi tersebut, CEO Twitter Parag Agrawal, CFO Ned Segal, dan CLO Vijaya Gadde digulingkan setelah Musk mengambil alih perusahaan tersebut. 


Setelah dipecat, ketiga eksekutif top tersebut akan menerima 187 juta dolar AS atau sekitar Rp2,9 triliun. Ketiganya dan pemegang saham lain akan menerima pembayaran dari Musk setelah dia membeli saham mereka masing-masing 54,2 dolar AS per saham, sebagaimana dikutip iNews.id.


Mengutip CNN Business, Agrawal, yang baru menjabat sebagai CEO Twitter kurang dari setahun yang lalu, memiliki jumlah saham terkecil dibanding dua petinggi lainnya. Dia memiliki 155.000 saham senilai 8,4 juta dolar AS, dengan harga yang dibayar Musk. 


Sementara Segal akan mendapatkan 22 juta dolar AS untuk 406.000 saham yang dimilikinya. Sedangkan Gadde akan mendapatkan 34,8 juta dolar AS untuk 642.000 sahamnya.


Mereka juga menerima Golden Parachute Compensation dalam perjanjian merger yang disetujui oleh pemegang saham. Itu termasuk gaji pokok setahun, sebesar 1 juta dolar AS untuk Agrawal dan 600.000 dolar AS untuk Segal dan Gadde. Mereka juga akan mendapatkan asuransi kesehatan selama satu tahun senilai sekitar 73.000 dolar AS.


Bagian yang paling menguntungkan sejauh ini adalah percepatan vesting (hak mendapatkan) saham yang mereka terima di masa depan tetapi belum memenuhi syarat. Itu akan bernilai sebesar 56,4 juta dolar AS untuk Agrawal, 43,8 juta dolar AS untuk Segal dan 19,4 juta dolar AS untuk Gadde. 


Agrawal dan Segal mendapatkan percepatan vesting dari semua sahamnya. Sedangkan Gadde mendapatkan percepatan vesting hanya setengah dari sahamnya.


Adapun jumlah parachute payments atau kompensasi kepada individu yang dipecat untuk ketiga petinggi mencapai 121,8 juta dolar AS. Jumlah itu, ditambah pembelian saham yang mereka miliki senilai 65,2 juta dolar AS, sehingga totalnya mencapai 187 juta dolar AS.(*)