Buka Lapak Dagangan, Warga Toraja Utara Temukan Granat Nanas Aktif -->

Buka Lapak Dagangan, Warga Toraja Utara Temukan Granat Nanas Aktif

Minggu, 23 Oktober 2022

Evakuasi granat nanas di Toraja Utara, Sulsel.

TORAJA  - Sebuah granat nanas aktif ditemukan warga Toraja Utara, Sulawesi Selatan (Sulsel). Granat itu ditemukan di samping warung penjual daging. Kapolres Toraja Utara AKBP Eko Suroso mengatakan, granat itu ditemukan warga di Jalan Poros Rantepao-Palopo, Kecamatan Tondon, Toraja Utara, Sabtu (22/10/2022).


"Granat aktif ditemukan oleh warga berinisial FAT (52) saat akan membuka lapak dagangannya," kata Eko Suroso, Minggu (23/10/2022).  Dia menambahkan, granat tersebut merupakan granat fragmentasi yang apabila meledak atau terpicu akan menimbulkan pecahan fragmentasi hingga 50 meter.


"Biasanya digunakan pasukan dalam sebuah kepentingan perang," kata dia. Dia melanjutkan, penemuan granat aktif itu dilaporkan warga ke petugas piket Polres Toraja Utara,sebagaimana dikutip iNews.id.


"Kemudian dilakukan pengecekan dan berkoordinasi dengan Brimob untuk pengamanan lokasi," katanya.. Setelah tim dari Unit Penjinak Bom (Jibom) Brimob Polda Sulsel tiba di lokasi, selanjutnya petugas membuat garis perimeter agar warga setempat tidak masuk ke area penemuan granat untuk pengamanan lebih lanjut.


"Setelah dilakukan pengecekan secara fisik oleh operator tim Jibom Brimob, granat tersebut sudah sangat berkarat diketahui masih aktif dan merupakan jenis granat nanas," katanya. Proses evakuasi granat tersebut dilakukan tim Jibom Brimob Polda Sulsel dengan cara dibungkus bomb blanket dan dievakuasi ke lokasi yang sangat aman sesuai SOP untuk kemudian dilakukan disposal atau pemusnahan. 


"Usai pelaksanaan disposal, Tim Jibom kemudian melakukan evakuasi serpihan-serpihan benda hasil dari disposal dan kembali melakukan penyisiran pada lokasi sekitar penemuan granat untuk memastikan tidak ada lagi benda sejenis," katanya.(*)