Bupati Eka Putra Bersama Gubernur DKI Jakarta Lakukan Penandatanganan Kerjasama -->

Iklan Atas

Bupati Eka Putra Bersama Gubernur DKI Jakarta Lakukan Penandatanganan Kerjasama

Rabu, 05 Oktober 2022

Bupati Eka Putra berfoto bersama di Damkar DKI Jakarta, Rabu (5/10) 


Jakarta, fajarsumbar.com - Dalam rangka memaksimalkan potensi daerah, serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Tanah Datar, Bupati Tanah Datar Eka Putra bersama Gubernur DKI Jakarta Anis Rasyid Baswedan melakukan Penandatanganan Kerjasama, dibidang pariwisata dan ketahanan pangan, yang berlangsung di Gedung Balai Agung, Kantor Balai Kota Provinsi DKI Jakarta, Rabu (5/10/22). 


Adapun kerjasama ini berawal dari adanya perbedaan potensi daerah, sehingga untuk pengembangan potensi tersebut, diperlukan kerjasama pertukaran pengetahuan dan informasi, terkait program dan kegiatan pada masing-masing daerah. 


Tidak hanya itu, kerjasama juga dimaksudkan untuk mengintegrasikan dan mengoptimalkan, pengelolaan potensi dan sumber daya yang ada secara efektif dan efisien, guna meningkatkan kemampuan kinerja kedua belah pihak, dalam mengemban mengemban visi misi, tugas dan fungsi, untuk mendukung peningkatan pembangunan nasional, daerah dan kesejahteraan masyarakat.  


Gubernur DKI Jakarta Anis Rasyid Baswedan dikesempatan itu, menyampaikan ucapan terima kasih atas kerjasama ini. Karena menurutnya DKI Jakarta memiliki ketergantungan terhadap daerah lain yang ada di seluruh Indonesia. 


"Kami memiliki ketergantungan terhadap daerah lain yang ada di Indonesia, terutama terkait dengan ketahanan pangan, karena warga Jakarta mengkonsumsi produk dari berbagai daerah dari seluruh Indonesia," ujar Anis. 


Untuk itu, tambah Anis pihaknya berharap kerjasama ini tidak menjadi sleeping MoU atau MoU yang tidur. Tetapi hendaknya menjadi MoU yang aktif, dan sesudah ini ditindaklanjuti ke poses selanjutnya. 


Anis juga menyebutkan, kerjasama hendaknya mampu untuk meningkatkan kesejahteraan bagi kedua daerah, terutama dalam menghadapi dunia yang saat ini sedang menghadapi potensi resesi. 


"Dunia saat ini sedang menghadapi resesi, maka kegiatan kerjasama perekonomian antar wilayah di Indonesia harus ditingkatkan. Dengan begitu perekonomian domestik akan bergerak, sehingga mampu meningkatkan kesejahteraan di masing-masing daerah," terang Anis. 


Diakhir sambutannya, Gubernur Anis Baswedan juga mengucapkan terima kasih atas kerjasama ini, sekaligus mohon pamit karena dalam beberapa waktu kebelakang, akan segera mengakhiri masa jabatannya sebagai Gubernur DKI Jakarta. 


Sementara itu, Bupati Tanah Datar Eka Putra menyampaikan kerjasama yang baru saja ditandatangani bersama Gubernur DKI Jakarta terkait dengan 2 (dua) poin, yakni bidang pariwisata dan ketahanan pangan. "Kita berharap dengan adanya kerjasama ini, padi atau beras dari Tanah Datar bisa dikirim ke Jakarta dan dijual disini," ujarnya. 


Sedangkan terkait kerjasama dibidang pariwisata diharapkan agar warga masyarakat DKI Jakarta ke depan, akan lebih mengenal lagi tempat atau objek wisata, yang ada di Sumatera Barat khususnya di Tanah Datar. 


"Kita harapkan, dengan kerjasama ini tingkat kunjungan wisatawan yang datang ke Tanah Datar, ke depan lebih meningkat lagi dan lebih banyak lagi dengan begitu juga akan berimbas terhadap UMKM kita," jelas Bupati. 


Bupati Eka Putra juga sampaikan, kerjasama ini juga akan segera ditindaklanjuti dengan perjanjian kerjasama, antara Perusda Tanah Datar dengan Perusda DKI Jakarta serta antara Dinas Parpora Tanah Datar dengan Dinas Pariwisata Provinsi DKI Jakarta. 


Turut mendampingi Bupati Tanah Datar pada kegiatan tersebut Sekda Iqbal Ramadi Payana, Asisten Administrasi Umum Helfy Rahmy Harun, Kadis Parpora Hendri Agung Indrianto serta Kabag Pemerintahan Abdurrahman Hadi. 


Pada kegiatan itu juga dilakukan penandatanganan kerjasama, antara Pemprov DKI Jakarta dengan 10 kabupaten dan kota lainnya, serta juga dilakukan serah terima hibah Kendaraan Dinas Operasional (KDO) Pemadam Kebakaran dari Pemprov DKI Jakarta kepada 14 Pemerintah Daerah yang ada di Indonesia. (*/F12)