Bupati Safaruddin Berharap Uda - Uni Berdampak Pada Lima Puluh Kota -->

Bupati Safaruddin Berharap Uda - Uni Berdampak Pada Lima Puluh Kota

Kamis, 06 Oktober 2022
Safaruddin


Limapuluh Kota, fajarsumbar.com -- Fajri Ahmad Syafril dan Elva Yulianti tampil gemilang di ajang Malam Grand Final Pemilihan Uda Uni Duta Wisata Limapuluh Kota 2022. Keduanya berhasil memikat Dewan Juri dan menyisihkan pesaing lainnya sehingga dinobatkan menjadi Uda dan Uni Duta Wisata Kabupaten Limapuluh Kota Tahun 2022. Sebelum Grand Final keduanya bersama kontestan lainnya telah menjalani seleksi berjenjang, masa karantina serta  kedalaman wawasan tentang budaya dan wisata Limapuluh Kota. 


Pasca terpilih selaku Uda dan Uni Wisata, pasangan Fajri, putra Kecamatan Harau dan Elva, putri Kecamatan Pangkalan bakal bertugas mempromosikan kekayaan budaya dan wisata Limapuluh Kota. Malam Grand Final Pemilihan Uda Uni Duta Wisata Limapuluh Kota berlangsung di Aula Kantor Bupati Limapuluh Kota, Selasa malam (04/10/2022). Berbagai pertunjukan seni musik maupun tarian ditampilkan oleh finalis Uda Uni Limapuluh Kota mampu menghipnotis masyarakat yang hadir memadati aula yang berlokasi di Bukit Limau tersebut. 


Tidak hanya itu, yel-yel yang digelorakan masing-masing pendukung kontestan turut menyemarakkan ajang tahunan yang diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga Limapuluh Kota. Pemilihan Uda dan Uni Duta Wisata Limapuluh Kota kembali dilakukan setelah dua tahun ditiadakan akibat pandemi Covid-19. 


Bupati Limapuluh Kota Safaruddin Dt.Bandaro Rajo yang hadir membuka pagelaran pemilihan duta wisata tersebut menyampaikan pesan-pesannya kepada segenap kontestan Uda dan Uni Duta Wisata Limapuluh Kota, agar mereka  mampu menjadi representasi pemuda yang diteladani bagi generasi muda Limapuluh Kota nantinya. "Bertugas sebagai Duta wisata, tentu tanggung jawab cukup berat menanti mereka kedepan, sebab mereka juga mengemban tugas untuk mempromosikan budaya dan berperan menggerakkan masyarakat untuk berpartisipasi dalam rangka pengembangan pariwisata di Limapuluh Kota," terang Bupati Safaruddin. 


Lebih lanjut Ia mengatakan, Ajang Uda Uni setiap tahunnya harus memiliki kebermanfaatan bagi masyarakat, dalam tugasnya bukan sekadar duta pariwisata saja tetapi terlibat dalam urusan sosial dan kemanusiaan. 


"Belajar dari situasi ini, maka di Uda dan Uni 2022 kita memproyeksikan mereka lebih dari sekadar duta pariwisata. Mereka menjadi dutanya Limapuluh Kota dan harus dimanfaatkan oleh setiap perangkat daerah dalam mempromosikan Kabupaten Limapuluh Kota," ujar Bupati Safaruddin. Kemudian dikatakan Bupati Safaruddin, Ia memiliki harapan besar kepada seluruh peserta Uda Uni tahun ini yang telah melewati proses pemilihan ketat dan selektif. 


Ia berharap hasil yang terbaik untuk keberlangsungan acara tersebut, sehingga siapapun yang terpilih menjadi Uda dan Tahun 2022, mampu memberikan kontribusi nyata untuk Limapuluh Kota. Disamping itu, Bupati Safaruddin berharap pemilihan duta wisata, uda dan uni sebagai ajang tahunan yang menjadi momen penting seiring berkembangnya destinasi wisata di Limapuluh Kota sehingga menjadi sektor andalan pemasukan di Limapuluh Kota. “Kami berharap Uda dan Uni terpilih mampu  mensukseskan visi dan misi pemerintah daerah pada bidang pariwisata sebagaimana yang termaktub dalam RPJMD 2021-2026,” ingat Safaruddin.


Sementara itu, Ketua panitia sekaligus Kepala Dinas Parpora Limapuluh Kota, Desri dalam sambutannya menjelaskan, antusiasme pemuda-pemudi Limapuluh Kota sungguh luar biasa, hal itu terbukti dari 13 kecamatan yang ada, terdapat ratusan orang yang ikut mendaftarkan diri menjadi duta wisata. "Tahapan pelaksanaan pemilihan duta wisata kita mulai dari tingkat kecamatan 10-11 dan 20 Agustus lalu, lalu terpilihlah wakil di tiap kecamatan dan kami laksanakan karantina terhadap peserta selama tiga hari yakni 15-17 September 2022," jelas Desri. 


Kemudian dikatakan Desri, setelah melalui karantina, terpilih 21 orang Grand Finalis yang akan bertarung menjadi yang terbaik dalam malam puncak Pemilihan Uda dan Uni Limapuluh Kota 2022. Lebih lanjut Desri mengatakan, kehadiran duta wisata sangat penting bagi Limapuluh Kota dalam mempromosikan Pariwisata serta sebagai upaya dalam mendukung visi dan misi Kabupaten Limapuluh Kota di sektor Pariwisata. Desri berharap, kesuksesan penyelenggaraan pemilihan Duta Wisata ini dapat menjadi motor penggerak pariwisata di Limapuluh Kota yang dimulai dari tingkat Nagari, Kecamatan hingga Kabupaten Limapuluh Kota. (ul)