Bupati Suhatri Bur Launching Gerakan Satu Rumah Satu Kolam -->

Bupati Suhatri Bur Launching Gerakan Satu Rumah Satu Kolam

Selasa, 04 Oktober 2022
Bupati Suharti Bur didampingi Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Khairul Nizam sewaktu launching satu rumah satu kolam di Toboh Gadang, Senin 3 Oktober 2022 (foto.dok.ikp)


Toboh Gadang
- Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur, launching gerakan Satu Rumah Satu Kolam (SRSK) di Korong Koto Tangah, Nagari Toboh Gadang, Kecamatan Sintoga, Senin (03/10/22).


Kata Bupati Suharti Bur, gerakan SRSK ini juga bertujuan meningkatkan perekonomian keluarga, untuk pemanfaatan lahan tidur. Disamping memungkatkan konsumsi makan ikan bagi warga masyarakat.Juga, membangkitkan kemandirian keluarga serta mendukung program penurunan angka stunting di Kabupaten Padang Pariaman.


"Sasaran utama program SRSK yang diprakarsai Dinas Perikanan ini adalah kelompok Dasawisma. Tahap awal ini

sebanyak 18 Kelompok Dasawisma berprestasi se-Padang Pariaman" sebut Suhatri Bur.


Dalam kesempatan ini, Bupati Suhatri Bur juga menyerahkan paket bantuan tahun anggaran 2022 ini. Bantuan yang diberikan berupa kolam terpal sebanyak 253 unit, Pakan 2.530 Kg, Benih Ikan Lele sebanyak 126.500 ekor untuk kecamatan dan nagari se-Padang Pariaman.


"Semoga program SRSK ini bisa terus di kontrol dan terus di kawal agar program ini bisa bermanfaat dan membantu perekonomian masyarakat" harapnya.


Sedangkan Kepala Dinas Perikanan Khairul Nizam, menyebutkan bantuan Ini adalah salah satu bentuk wujud nyata dari keseriusan Pemerintah Daerah dalam mensejahterakan masyarakatnya. Dengan budidaya ikan lele ini, mudah-mudahan Ibu-ibu Penggerak PKK yang ada di Padang Pariaman bisa lebih kreatif lagi dalam menggerakan semangat kebersamaan.


"Budidaya ikan lele ini menjadi salah satu aset usaha bagi TP PKK beserta jajaran. Insya Allah kegiatan ini kita anggarkan secara berkelanjutan sehingga kegiatan ini menjadi budaya di Kabupaten Padang Pariaman," katanya.


Sebelumnya, Sekretaris Dinas Perikanan Anton Wira Tanjung, selaku Panitia acara melaporkan, gerakan SRSK ini inovasi Dinas Perikanan untuk menjaga ketahanan pangan keluarga ditengah inflasi yang semakin meningkat di Padang Pariaman. 


"Selain bisa dikonsumsi pribadi tentunya juga bisa untuk diperjualbelikan dari hasil budidaya ikan lele tersebut," sebutnya.


Ia juga menjelaskan, Ibu-ibu Penggerak PKK yang hadir pada sore kemarin merasa sangat senang dan berterima kasih kepada Bupati Suhatri Bur, yang telah memberikan bantuan Ini, melalui Dinas Perikanan Kabupaten Padang Pariaman.


"Mudah-mudahan bantuan ikan lele ini bisa berkembang biak dengan baik," harapnya.


Turut hadir anggota DPRDTopik Hidayat, Asisten III Zainil, Kepala DPMD Hendri Satria, Kepala Dinas Perhubungan Rifki Monrizal, Camat dan Wali Nagari se-Padang Pariaman, serta anggota Penggerak PKK Korong Koto Tangah Nagari Toboh Gadang, Kecamatan Sintuk Toboh Gadang.(ikp/saco).