Damkar Payakumbuh Evakuasi Sarang Tawon di Kelurahan Ompang Tanah Sirah -->

Damkar Payakumbuh Evakuasi Sarang Tawon di Kelurahan Ompang Tanah Sirah

Selasa, 25 Oktober 2022
Tim damkar evakuasi sarang tawon diatas batang nangka di pinggir jalan KH Ahmad Dahlan


Payakumbuh, fajarsumbar.com - Memenuhi permintaan Lurah Ompang Tanah Sirah (OTS) terkait permintaan bantuan evakuasi 2 buah sarang tawon yang berlokasi di Talawi, kepada Satdamkar Payakumbuh melalui surat resmi, Kepala Satuan Pol PP dan Damkar, Dony Prayuda melalui Kabid Damkar, Budi Kurniawan mengutus Komandan Pleton (Dantin), Afrizal Chan dan tim untuk melakukan evakuasi sarang tawon yang membuat warga setempat ketakutan.


Sekira pukul 20.10 WIB, Selasa (25/10/2022) malam, Danton dan tim tiba di lokasi. Objek sarang tawon pertama terletak di puncak pohon mahoni di depan rumah milik Fitria (42tahun), depan MTsN 2 Payakumbuh. Karena tingginya objek, proses evakuasi tertunda.


Usai memberikan penjelasan kepada Fitria, pemilik rumah, Tim kemudian bertolak ke lokasi kedua di RT04/RW02 Talawi, tepatnya di rumah Aswandi (47tahun). Di lokasi ini, sarang tawon seukuran ember isi 17liter di atas nangka hutan berada tepat di pinggir jalan KH Ahmad Dahlan. Pemilik bengkel perabot Aswandi setiap hari merasa takut dan khawatir, jika ada truk bermuatan tinggi menyentuh sarang tawon tersebut. Selain itu, Aswandi juga khawatir jika ada yang usil mengganggu hewan bersayap dan berbisa tersebut.


Tampak di lokasi, Danton Afrizal Chan berembuk dan mengatur siasat, bagaimana sarang tawon ini tidak membahayakan warga dan pengguna jalan. Karena di depan rumah Aswandi terdapat bengkel mobil yang mekaniknya tampak masih bekerja.


Usai berembuk, tim pun tampak mulai beraksi dengan memfungsikan truk Fuso Damkar. Dalam 5 menit, sarang tawon berhasil dievakuasi. 


"Luar biasa respon cepat damkar Kota Payakumbuh, kami salut dan ucapkan terima kasih banyak.” ujar Aswandi didampingi istrinya Wirda Ningsih.


Kepala Satpol PP dan Damkar melalui Kabid Damkar, Budi Kurniawan kepada media menjelaskan bahwa tugas fungsi Damkar bukan saja memadamkar kebakaran, tapi juga membantu warga dalam evakuasi kecelakaan, evakuasi binatang buas dan berbisa, termasuk sarang tawon.


"Giat satuan kita malam ini untuk memenuhi permintaan warga. Bahwa ada sarang tawon di atas pohon Nangka milik warga yang sudah meresahkan dan bisa membahayakan warga sekitar. Melalui Kasi Ops, Eci menginstruksikan Danton, Afrizal Can mengirimkan armada beserta personil ke lokasi untuk melakukan pembasmian. Ikut bersama tim Nofrizal (driver), Merizona, Hervino Amartha, Gifari, dan Ari Sevindi,"sebutnya.


Terkait sarang tawon di lokasi depan MTsN 2 Payakumbuh, kita butuh bantuan dari Dinas LH atau PU, karena lokasinya setinggi 20 meter. Kita akan koordinasi sama Dinas LH untuk memakai mobil sky lift yang akan digunakan untuk pembasmian. Semoga bisa dipakai kita lakukan pembasmian besok malamnya,"ulas Budi Kurniawan.


"Warga bisa meminta bantuan damkar untuk penyelamatan jiwa, atau evakuasi hewan berbisa dan berbahaya seperti tawon, biawak, ular, dan hewan lainnya dengan menghubungi quick response Pemadam Kebakaran di nomor 0752-92913.


Terpisah, Lurah OTS, Majri sampaikan terima kasih kepada Satdamkar Payakumbuh.


"Atas nama warga Talawi kelurahan Ompang Tanah Sirah, Kami mengaturkan terima kasih tak terhingga kepada Pemko Payakumbuh melalui Kadis Sat Pol PP dan Damkar. Terkhusus kepada Tim evakuasi dari satdamkar yang telah melakukan evakuasi terhadap hewan berbisa jenis Tawon, di lingkungan kelurahan kami. Selanjutnya, Kami ikut minta maaf, jika selama melakukan evakuasi, warga kami kurang dalam pelayanan. Semoga satdamkar Payakumbuh sehat selalu dalam menjalankan tugas kemanusiaan ini,"ungkap Lurah Majri.(ul)