Danrem 032/Wbr Tinjau Program Produktif Kolaborasi CV BMK dan Kodim Ini -->

Danrem 032/Wbr Tinjau Program Produktif Kolaborasi CV BMK dan Kodim Ini

Kamis, 20 Oktober 2022
Danrem 032/Wirabraja Brigjen TNI Purmanto memberikan bantuan produktif kepada pasangan suami istri Koptu Purn Dwi Sanyoto dan Waginem didampingi Haji Jhon Reflita, Dandim Endik Hendra Sandi, Kasdim Hermansyah, Wakapolres Kompol Asnomi Nanda dan Wakil Walikota Sawahlunto Zohirin Sayuti.


Sawahlunto, fajarsumbar.com - Komandan Korem 032/Wirabraja Brigjen TNI Purmanto melakukan kunjungan kerja ke Kota Sawahlunto dalam rangka meninjau program-program produktif hasil kolaborasi CV BMK dan Kodim 0310/SS serta kegiatan produktif Babinsa di wilayah binaannya, Kamis (20/10/2022). 


Kunjungan Danrem 032/Wirabraja Brigjen TNI Purmanto bermula dengan menyambangi rumah dinas Walikota Sawahlunto, dilanjutkan dengan mengunjungi lokasi ternak sapi binaan Babinsa Serka Dedi Irama di Luak Badai, Desa Kubang Utara Sikabu. Kemudian melihat bedah rumah pensiunan TNI Koptu Dwi Sanyoto di Gunuang Timbago Kelurahan Saringan, binaan Babinsa Sertu Deni Gusrio. 


Termasuk juga diagendakan mengunjungi Kebun Pinang binaan Babinsa Sertu Karno di Desa Kolok Mudik. Selanjutnya, mengunjungi Food Estate atau lumbung pangan tanaman jagung di Desa Kolok Mudik kolaborasi CV BMK milik Haji Jhon Reflita dan kelompok tani setempat. Lalu menyambangi kediaman Haji Jhon Reflita sebelum bertolak ke Kabupaten Dharmasraya. 


"Saya sebagai Komandan Korem siang hari ini didampingi Wakil Walikota, Dandim, Wakapolres, Sekcam, dan Haji Jhon selaku tokoh masyarakat. Datang kesini dalam rangka melihat sumbangan atau bantuan dari CV BMK  berupa rehab atau renovasi rumah salah satu purnawirawan TNI, prajurit kami, bapak Dwi Sanyoto, yang mana beliau pensiun sejak 2008, tapi keadaan rumahnya sangat kurang layak," sebut Danrem kepada awak media. 


Kemudian, dari kondisi itu, dalam HUT TNI ke-77, Pak Haji Jhon mendapat kabar bahwa ada purnawirawan TNI yang keadaan rumahnya kurang layak, beliau berinisiatif mengikhlaskan sebagian rezekinya untuk membantu memperbaiki. 


"Dan kita saksikan bersama di dalam foto sangat sederhana sekali dan memprihatinkan dan sekarang bisa kita lihat dan saksikan bersama, sudah sangat bagus dan layak untuk ditempati sebagai hunian manusia," sambung Jenderal Bintang Satu itu. 


Danrem juga memberikan bantuan produktif kepada pasangan suami istri Koptu (Purn) Dwi Sanyoto dan Waginem berupa satu unit gerobak cendol Jawa untuk usaha yang biasa dilakoni sehari-hari oleh pasangan suami istri tersebut. Dwi Sanyoto tampak terharu dan berkaca-kaca saat menyaksikan pasukan loreng menghampiri kediamannya seakan-akan jiwa prajuritnya kembali pada masa muda. 


Brigjen TNI Purmanto menghaturkan ucapan terimakasih kepada Pak Haji Jhon karena dia juga, purnawirawan TNI dan keluarga ini menjadi binaannya.


 "Kami hanya bisa memberikan informasi, karena kita juga tidak didukung dengan anggaran yang besar untuk kegiatan-kegiatan kita dalam hal sosial. Tapi dengan kepedulian dari Pak Jhon, bisa kita kolaborasi bersama sehingga bisa terwujud pembangunan rumah layak huni ini," tutur Danrem didampingi Dandim 0310/SS Letkol Inf Endik Hendra Sandi. 


Danrem berharap kedepannya kegiatan seperti ini bisa dilakukan secara berkesinambungan oleh siapapun dan untuk siapapun juga. 


"Bahwa kami, sesuai perintah Kasad, TNI harus hadir di tengah-tengah kesulitan rakyat. Saya juga punya program dijajaran Korem ini adalah program pemberdayaan pelatihan masyarakat produktif. Dimana setiap Babinsa saya memiliki kegiatan produktif di wilayah binaannya, sesuai kemampuan dia sendiri dulu," imbuhnya. 


Tapi, lanjut Danrem, kalau ada dari pemerintah daerah, swasta atau tokoh-tokoh masyarakat yang bisa juga mensupport, itu yang diharapkan bisa dikolaborasikan. "Contoh nanti kita juga akan melihat food estate, itu kita juga menggunakan lahan dari pak Haji Jhon untuk menanam jagung dan hasilnya untuk masyarakat," harap Brigjen TNI Purmanto. 


"Ya, itu kita harapkan bisa berlanjut dan tidak hanya bedah rumah saja. Seperti tadi kita lihat juga kandang sapi dan kandang kambing, mungkin nanti akan ada perikanan, sesuai dengan potensi yang ada di wilayah ini sama-sama kita angkat untuk menjadi lebih berguna dan bernilai untuk kesejahteraan masyarakat," tandasnya. 


Turut hadir dalam rombongan Kasi Ren Kolonel Arh Asep Suganjar, Kasi Ops Kolonel lnf Achmad fikri Dalimunte, Kasi Ter Kolonel Nanang Siswoko, Plh Kasdim 0310/SSD Kapten Hermansyah sekaligus Danramil 01/Swl, Perwira Penghubung Sawahlunto Kapten Infanteri J Sitorus, Plh Danramil 05/Tlw Pelda Aspil Abyas, Wakapolres Sawahlunto Kompol Asnomi Nanda beserta jajaran. (ton)