Desainer Muda Padang Panjang Juara 3 -->

Iklan Atas

Desainer Muda Padang Panjang Juara 3

Kamis, 20 Oktober 2022
Peserta dari Padang Panjang pada lomba disain busana muslimah yang diadakan Dekranasda Sumbar.


Padang Panjang, fajarsumbar.com  - Desainer muda asal Padang Panjang, Mutia Febrina meraih juara 3 Lomba Desain Baju Busana Muslimah Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda), Rabu (19/10) di Padang


Pada acara yang digelar di Axana Hotel itu, perwakilan Dekranasda Padang Panjang ini menampilkan desain baju busana muslimah bertemakan "Bamain Alang-Alang".


"Karya ini terinspirasi dari 'bamaian alang-alang' atau layangan yang merupakan salah satu permainan anak nagari yang biasa dimainkan anak-anak di lahan persawahan pascapanen atau di lapangan terbuka," ujar Kasi Promosi Disperdakop UKM, Azani Mizwar, M.I.Kom.


Bermain alang-alang dimulai dari membuat sendiri bingkai layangan, menimbang, melapisi kertas dan ekor. Lalu menerbangkan layangan sambil

memegangi tali atau benang dari daratan, berlomba bahkan mengejar layangan yang putus. Semua itu melatih dan melambangkan kreativitas, kemandirian, kesabaran dan keikhlasan.


Sama halnya dengan karya ini, cutting baju yang tegas pada atasan dan berayun di bawahan seperti kepala dan ekor layangan, di pegang dengan tali macrame yang di anyam dengan motif layangan. 


Menggunakan material tenun Jembatan Merah serta dipadukan dengan tas dan sepatu berbahan kulit, yang mana macrame, tas dan sepatu ini merupakan hasil produksi perajin dari Padang Panjang. 


Karya ini menggunakan perpaduan preppy dan bohemian style dengan siluet A. Lomba Desain Baju Busana Muslimah ini dilaksanakan untuk menumbuhkan kreativitas anak muda.


Juara 1 diraih oleh Dekranasda Kabupaten Limapuluh Kota, dan juara 2 Dekranasda Kota Padang. (syam)