Dinas PUPR Telah Pasang 420 Sambungan Baru Air Bersih Bagi MBR Lewat DAK 2022 -->

Dinas PUPR Telah Pasang 420 Sambungan Baru Air Bersih Bagi MBR Lewat DAK 2022

Senin, 17 Oktober 2022
.


Payakumbuh, fajarsumbar.com --- Upaya Pemerintah Kota Payakumbuh membantu masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Payakumbuh dengan memasangkan baru air bersih sebanyak 420 sambungan rumah melalui dana alokasi khusus (DAK) Kementerian PUPR Tahun 2022 sebesar 2,1 miliar rupiah.


Target tahun 2022 ini adalah pemasangan pipa dan sambungan rumah di Kelurahan Koto Baru, Kelurahan Tiakar, Kelurahan Padang Tiakar, Kelurahan Padang Alai Bodi di Kecamatan Payakumbuh Timur, lalu di Kelurahan Padang Tongah Balai Nan Duo, Kelurahan Padang Data Tanah Mati, Kelurahan Tanjuang Gadang Sungai Pinago, Kelurahan Koto Tangah, dan Kelurahan Payolansek, di Kecamatan Payakumbuh Barat, sementara itu di Kecamatan Latina hanya pemasangan sambungan rumah bagi MBR saja.


Total jaringan pipa yang terpasang di Kecamatan Payakumbuh Barat sepanjang 3.140 meter dan di Kecamatan Payakumbuh Timur sepanjang 1.338 meter.


Kepala Dinas PUPR Muslim didampingi Sekretaris Rajman dan Kabid Cipta Karya Zuyen kepada media saat diwawancara di ruang kerjanya, Senin (17/10), mengatakan pemasangan sambungan baru air bersih ini bagi 420 rumah warga di Kota Payakumbuh, berdasarkan usulan yang disampaikan oleh Dinas PUPR kepada Kementerian PUPR pada tahun 2021 lalu.


"Alhamdulillah, "gayuang basambuik", kementerian PUPR menjawab permohonan kita dengan mengaggarkan pemasangan sambungan air baru untuk MBR melalui DAK pada tahun 2022, saat ini proses pemasangannya sudah hampir selesai 100 persen," ujarnya.


Muslim menambahkan, dengan telah memiliki akses air bersih, masyarakat dapat hidup sehat, tidak lagi memakai air di sumur yang berdekatan dengan septic tank atau dari sungai yang mungkin terkontaminasi oleh bakteri penyebab penyakit, hal ini tentu memiliki muara dengan masalah stunting pada balita.


"Jadi kita sangat bersyukur sekali, di tengah program pengentasan stunting sedang digalakan, masyarakat kita menerima bantuan pemasangan sambungan baru air bersih dari pemerintah," ujarnya.


Sementara itu, untuk tahun 2023, Muslim menerangkan di Dinas PUPR menganggarkan melalui APBD 2023, akan ada sebanyak 15 sampai 20 bantuan pemasangan sambungan baru air bersih untuk MBR di berbagai kelurahan di Kota Payakumbuh.


Dari sisi Devi Susanti (32), ibu 2 anak dan Riska Yulianti (29) ibu 2 anak di Kelurahan Padang Data Tanah Mati yang ditemui saat Kadis Muslim turun lapangan bersama jajarannya mengakui selama ini mereka kesulitan untuk memenuhi kebutuhan air buat mandi dan mencuci. Adanya program sambungan air bersih bagi MBR ini menurut mereka sangat bermanfaat.


"Selama ini kami menompang air dengan memasang selang dari rumah orang tua, cukup kesulitan memenuhi air di rumah. Sekarang kami sudah punya akses air bersih untuk dimanfaatkan dan layak diminum. Kami ucapkan terima kasih banyak atas perhatian Pemko Payakumbuh melalui Dinas PUPR," kata mereka senada. (ul)