Dinkes Pessel Maksimalkan Peran Puskesmas -->

Dinkes Pessel Maksimalkan Peran Puskesmas

Rabu, 19 Oktober 2022
.


Pesisir Selatan - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), malalui Unit Pelaksana Teknis (UPT) Puskesmas Lumpo, Kecamatan IV Jurai, melakukan pendekatan partisipatif, dengan cara mengajak masyarakat untuk menganalisa kondisi sanitasi mereka melalui suatu proses pemicuan.


Melalui upaya itu, sehingga masyarakat dapat berpikir dan mengambil tindakan untuk meninggalkan kebiasaan buang air besar mereka yang masih di tempat terbuka dan juga di sembarang tempat.


Hal itu disampaikan Kepala Dinkes Pessel, Syahrizal Antoni, Rabu (19/10) terkait upaya yang sudah dilakukan jajarannya di UPT Puskesmas Lumpo, Kecamatan IV Jurai, dalam meningkatkan Pelaksanaan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM), agar daerah itu benar-benar terbebas dari Stop BABS.


"STBM adalah suatu pendekatan partisipatif yang mengajak masyarakat untuk menganalisa kondisi sanitasi mereka melalui suatu proses pemicuan, sehingga masyarakat dapat berpikir dan mengambil tindakan untuk meninggalkan kebiasaan buang air besar mereka yang masih di tempat terbuka dan sembarang tempat sebagai mana masih ditemui di beberapa nagari di daerah ini," katanya.


Dia berharap kegiatan yang digelar di Nagari Lokus STBM Wilayah Puskesmas lumpo pada Minggu (15/10) lalu itu, benar-benar mampu meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap arti penting hidup sehat yang dimulai dari lingkungan yang berseh dan terbebas dari berbagai bakteri dan bibit penyakit.


"Sebab pendekatan yang dilakukan dalam STBM ini adalah menimbulkan rasa malu kepada masyarakat tentang kondisi lingkungannya yang buruk. Sehingga bisa menimbulkan kesadaran akan kondisi yang sangat tidak bersih dan tidak nyaman sebagaimana dirasakan sebelumnya. Dari pendekatan ini juga akan muncul kesadaran bahwa sanitasi adalah masalah bersama," ucapnya. (wandi)