Disapu Puting Beliung, Ratusan Rumah di Pesisir Pantai Tanjung Luar Lotim Porak-poranda -->

Disapu Puting Beliung, Ratusan Rumah di Pesisir Pantai Tanjung Luar Lotim Porak-poranda

Senin, 10 Oktober 2022

 

Angin Puting Beliung, Ratusan Rumah di Pesisir Pantai Tanjung Luar Lotim Porak-poranda,



KERUAK - Ratusan rumah nelayan di pesisir Pantai Tanjung Luar, Kecamatan Keruak, Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat (NTB) disapu angin puting beliung, Minggu (9/10/2022) sore. 


Selain kerusakan rumah, sejumlah pohon juga tumbang. Dari pantauan iNews, rumah nelayan yang dekat pantai ini sudah tak beratap. Bahkan, sejumlah fasilitas umum seperti Kantor Syahbandar juga rusak.


BPBD Lombok Timur mencatat sebanyak 111 rumah warga terkena dampak. Sementara sebagian kepala keluarga mengungsi ke rumah keluarga dan tetangga terdekat,sebagaimana dikutip iNews.id.


Pemda telah menerjunkan sejumlah personel tagana, TNI Polri dan Satuan Polisi Pamong Praja membantu warga membersihkan puing bangunan rumah warga.


"Anginnya kencang sekitar lebih dari lima menit. Selesai azar magrib langsung kena (angin)," ucap Kepala Desa Tanjung Luar, Mukti Ali, Senin (10/10/2022).


Kini, petugas BPBD masih melakukan pendataan rumah warga yang rusak. Diperkirakan kerugian materiel mencapai ratusan juta rupiah.


"Ada sekitar 111 rumah yang terdampak dengan kategori rusak ringan, sedang dan berat," kata Kalak BPBD Lombok Timur, Lalu Muliadi.(*)