Disparpora Sijunjung Gelar Lomba Esai "Cerita Sungai Batang Kuantan", Ini Syaratnya -->

Disparpora Sijunjung Gelar Lomba Esai "Cerita Sungai Batang Kuantan", Ini Syaratnya

Jumat, 07 Oktober 2022
.


Sijunjung, fajarsumbar.com - Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Sijunjung gelar lomba esai dengan tema "Cerita Sungai Batang Kuantan atau Story of Batang Kuantan River", rentang waktu 27 September-28 November 2022. Lomba ini gratis dan terbuka untuk umum, dengan total hadiah Rp18 juta untuk tiga pemenang.


Kadis Parpora Sijunjung Afrineldi mengatakan lomba esai "Cerita Sungai Batang Kuantan" ini merupakan rangkaian untuk menuju Story of Batang Kuantan River Festival yang rencananya diadakan tahun depan.


"Batang Kuantan memiliki sejarah yang kaya berhubungan dengan kerajaan di Minangkabau, perkembangan Islam, dan perjuangan Indonesia. Begitupun dengan budaya masyarakat di sekitarnya. Baik secara benda maupun tak benda," ujarnya.


Lebih lanjut Afrineldi menuturkan perlu menggali kembali kejayaan dan keperkasaan Batang Kuantan tersebut, agar bisa menjadi ilmu pengetahuan. 


Batang Kuantan atau Sungai Kuantan berhulu di Kabupaten Sijunjung, Sumatra Barat (hasil pertemuan tiga sungai, yaitu Batang Ombilin, Batang Sukam, dan Batang Palangki) dan bermuara di pantai timur Sumatra.


Meminjam istilah Buya Syafii Maarif, Batang Kuantan adalah sungai yang perkasa. Di arusnya yang jeram dan tenang tersimpan "jejak" peradaban sungai dan sarana transportasi antara pedalaman Minangkabau dan pantai timur Sumatra--dan seterusnya pelayaran ke benua lain. Pada masa lalu, Batang Kuantan juga memiliki peran vital bagi perdagangan rempah, emas, kain, dan masuknya Islam ke Minangkabau. Selain itu, kisah Thomas Dias, Willem Hendrik de Greve, Silukah (Malaka Kecil), dan "Death Railway" atau proyek pembuatan jalur kereta api pada masa pendudukan Jepang yang menumbalkan puluhan ribu Romusha.


Begitulah, sekilas tentang Batang Kuantan tidak hanya jalan air semata tapi juga menyimpan kekayaan sejarah dan budaya sepanjang gigirnya.


Saat ini kawasan yang dilalui Batang Kuantan terdapat Geopark Nasional Ranah Minang Silokek yang tengah diupayakan oleh Pemkab Sijunjung jadi UNESCO Global Geoparks.


Untuk itu, Disparpora Kabupaten Sijunjung mengajak menggali lebih dalam pengetahuan sejarah, budaya, dan pariwisata yang berhubungan dengan Batang Kuantan dan daerah yang dilaluinya di Kabupaten Sijunjung dalam lomba esai "Cerita Sungai Batang Kuantan atau Story of Batang Kuantan River".

Adapun syarat dan ketentuan lomba esai sebagai berikut:


1. Tema meliputi kehidupan masyarakat, budaya, alam, maupun peninggalan sejarah benda/tak benda di sepanjang Sungai Batang Kuantan di Kabupaten Sijunjung yang melintasi beberapa Nagari termasuk Muaro, Silokek, Durian Gadang, pertemuan Sungai Batang Palangki, Batang Sukam, dan Batang Ombilin.


2. Follow akun Instagram resmi panitia @disporporasijunjung_rancak dan subscribe akun YouTube Disparpora Sijunjung Rancak.


3. Panjang esai minimal 1000 kata dan maksimal 2.500 kata.


4. Esai yang dilombakan adalah hasil karya sendiri dan bukan hasil plagiat (penjiplakan).


5. Esai yang dilombakan dimuat di media massa cetak atau media daring (online) yang berbadan hukum dengan rentang waktu September s/d November 2022.


6. Esai yang dikirim belum pernah pernah memenangi gelar apapun dalam perlombaan atau kontes baik offline maupun online.


7. Esai membawa pesan pengetahuan sejarah, budaya dan/atau pariwisata.


8. Esai tidak mengandung unsur kekerasan, politik, pornografi, penghinaan ataupun pelecehan terhadap SARA dan latar belakang lainnya yang bersifat pribadi.


9. Ketentuan Pengiriman Naskah.

- Naskah yang dimuat di media cetak, unggah dalam bentuk softcopy dengan format pdf, jpg, atau png. Naskah dimuat di media daring (online) sertakan alamat URL situs berita tersebut. Dan sertakan juga bentuk teks-nya, format RTF atau DOCS

dikirim ke email: esaistoryofbatangkuantanriver@gmail.com


10. Subyek email ditulis dengan format: Lomba Esai Story of Batangkuantan - Nama Peserta. Contoh: Lomba Esai Story of Batang Batangkuantan - Thendra BP.


11. Esai paling lambat diterima pada 28 November 2022 pukul 23.59 WIB.


12. Masing-masing peserta maksimal mengirimkan 1 Esai.


13. Keputusan Dewan Juri bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.


14. Pemenang akan diumumkan diakun Instagram @disporporasijunjung_rancak dan akan dihubungi panitia. Pemberian hadiah tanggal 5 Desember 2022.


15. Dengan mengikuti lomba ini, peserta mengizinkan panitia memposting karya peserta di media lainnya (dengan tetap mencantumkan pemilik karya) untuk kepentingan promosi dan dianggap tunduk dan tidak akan menuntut di kemudian hari pada peraturan yang dibuat panitia.


16. Lomba dimulai tanggal 27 September s/d 28 November 2022 dan tertutup untuk panitia penyelenggara.


17. Hasil Keputusan dewan juri adalah mutlak dan tidak dapat diganggu gugat. Total hadiah Rp18 juta untuk tiga pemenang.


Pendaftaran:

1. Peserta mengirim biodata (nama, umur, alamat, No. Hp, email, akun Youtube, akun Instagram).


2. Peserta mengirim bukti subcribe akun Youtube Disparpora Sijunjung Rancak.


3. Peserta mengirim bukti Follow akun Instagram Disparporasijunjung_rancak

Semua file pendaftaran dikirimkan melalui Email: esaistoryofbatangkuantanriver@gmail.com


Nara hubung:

1. 0878 8668 4159 : Jeje

2. 0853 7446 1490 : Andra