Dramatis, Tim SAR Gunungkidul Selamatkan 6 Wisatawan yang Terseret Ombak Pantai Ngandong -->

Dramatis, Tim SAR Gunungkidul Selamatkan 6 Wisatawan yang Terseret Ombak Pantai Ngandong

Minggu, 23 Oktober 2022
Tim SAR mengevakuasi enam wisatawan yang terseret ombak di Pantai NGandong Gunungkidul.



GUNUNGKIDUL - Enam wisatawan yang masih berstatus pelajar terseret ombak Pantai Ngandong Kalurahan Sidoarjo, Kapanewon Tanjungsari Gunungkidul saat bermain air di alur kapal. Beruntung mereka berhasil diselamatkan Tim SAR, meski sudah terseret hingga 100 meter dari bibir pantai. 


Keenam korban tersebut adalah Yuda (21) warga Blunyahrejo, Kemantrem Tegalrejo, Yogyakarta, Aszra Bintang (21) pelajar warga Karangasem, Condongcatur Sleman, Naoval Satria (16) warga Karangpule, Kasihan, Bantul, Riki Dani (16) Tempel, Sleman, Cinus (21) Kricak Kidul, Yogyakarta dan Kafka Rizal warga Ngampilan, Kota Yogyakarta, sebagaimana dikutip iNews.id.


"Jadi mereka tidak mengetahui kondisi atau karakter laut seperti apa, asal main air," kata Sekretaris SAR Satlinmas Wilayah III Pantai Baron, Surisdiyanto, Minggu (23/10/2022). 


Kejadian ini terjadi sekitar pukul 11.30 WIB. Saat itu keenam korban bermain air di alur kapal Pantai Ngandong. Namun karena terlalu ketengah keenam korban tergulung ombak. Meski terhalang kabur, Tim SAR berhasil menyelamatkan mereka semua. Aksi dramatis merekapun terekam kamera warganet hingga viral.


“Anggota langsung berenang dan menggunakan dua perahu jukung yang melaju dengan kecepatan tinggi,” katanya. 
 

Keenam korban berhasil ditolong dan dievakuasi ke perahu untuk dibawa ke tepi. Semua korban mengalami syok, lemas karena terlalu banyak minum air.


Tim SAR menghimbau kepada wisatawan untuk mematuhi rambu-rambu yang ada. Mereka tidak boleh bermain air apalagi sampai ke tengah, karena karakteristik Pantai Gunungkidul bermacam-macam.(*)