Gerombolan Bersenjata Tembak Mati 12 Orang di Bar Meksiko -->

Gerombolan Bersenjata Tembak Mati 12 Orang di Bar Meksiko

Minggu, 16 Oktober 2022

Ilustrasi


MEXICO CITY - Orang-orang bersenjata tak dikenal melepaskan tembakan di sebuah bar di kota Irapuato, Meksiko tengah pada Sabtu, (15/10/2022) malam, menembak mati enam wanita dan enam pria, kata pihak berwenang setempat. Ini merupakan penembakan massal kedua di Negara Bagian Guanajuato dalam waktu kurang dari sebulan. 


Tiga orang terluka dalam serangan di selatan Irapuato, kata pemerintah kota dalam sebuah pernyataan, menambahkan bahwa pejabat keamanan berusaha melacak para penyerang.


Motif di balik penembakan itu tidak segera jelas. Sebuah pernyataan awal oleh kota itu menyebutkan jumlah korban tewas 11 orang, demikian diwartakan Reuters.


Guanajuato, pusat manufaktur utama dan lokasi produksi bagi banyak pembuat mobil top dunia, telah dikejutkan dalam beberapa tahun terakhir oleh perang wilayah brutal antara geng narkoba yang bersaing,sebagaimana juga dikutip Okezone.com.


Pada 21 September, orang-orang bersenjata menembak mati 10 orang dalam serangan di sebuah bar di kota Guanajuato, Tarimoro, sekira 96 km tenggara Irapuato.


Presiden Andres Manuel Lopez Obrador menjabat pada akhir 2018 berjanji untuk mengurangi rekor tingkat kekerasan geng di Meksiko, tetapi ia telah berjuang untuk menahan pertumpahan darah.


Sementara pembunuhan sedikit menurun pada 2022, penghitungan selama enam tahun masa jabatan Lopez Obrador berada di jalur untuk menjadi yang tertinggi dalam sejarah modern Meksiko dengan selisih yang substansial. Dia menyalahkan korupsi di pemerintahan sebelumnya karena memicu pelanggaran hukum.(*)