Hakikat Fisika: Pengertian dan Contoh Penerapannya dalam Kehidupan -->

Hakikat Fisika: Pengertian dan Contoh Penerapannya dalam Kehidupan

Minggu, 30 Oktober 2022

Hakikat Fisika



JAKARTA -  Hakikat fisika biasa dipelajari dalam mata pelajaran fisika. Namun, apakah kamu telah memahami betul pengertian dan contohnya? Jika belum simak informasinya di sini.


Apa yang Dimaksud dengan Hakikat Fisika?


Melansir buku ‘Rumus Pocket Fisika SMA Kelas X,XI,XII’ terbitan Gramedia widiasarana indonesia, fisika adalah cabang ilmu pengetahuan alam yang mempelajari gejala alam yang tidak hidup atau materi dalam lingkungan hidup ruang dan waktu, serta semua interaksi yang menyertainya. Pengertian hakikat fisika adalah fisika sebagai produk (a body knowledge), sikap (a way of thinking) dan proses (a way of investigating), sebagaimana dikutip iNews.id.


Hakikat fisika sebagai produk adalah kumpulan pengetahuan yang dapat berupa fisika, konsep, prinsip, hukum, rumus teori dan model.


Hakikat fisika sebagai proses adalah meliputi langkah-langkah pengamatan, perumusan masalah, penyusunan hipotesis melalui eksperimen, analisis data dan penarikan kesimpulan. 


Hakikat fisika sebagai sikap adalah setiap langkah dalam proses membutuhkan sikap ilmiah yang baik, antara lain rasa ingin tahu, rasa percaya, kreatif, teliti, objektif, jujur, terbuka, mau bekerja sama dan mau mendengarkan pendapat orang lain. 


Apa Contoh Hakikat Fisika dalam Kehidupan Sehari-hari


Melansir laman ‘Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, fisika memiliki peran yang besar dalam perkembangan teknologi yang dapat dimanfaatkan manusia, berikut contoh penerapan dalam kehidupan sehari-hari yaitu:


- Pengembangan pembangkit listrik dengan berbagai sumber energi contohnya seperti PLTA, PLTS, PLTU dan PLTN


- X-ray generation, object, X-ray detector dalam bidang kedokteran 


- Perkembangan gadget seperti handphone, laptop, kamera digital, MP3/MP4 dan tablet PC


- Kereta super cepat maglev dengan aplikasi superkonduktor


- Pesawat ulang-alik untuk melakukan perjalanan ke angkasa luar


Demikian penjelasannya. Jadi, sudah tahu hakikat fisika adalah dibagi menjadi tiga macam. Semoga dapat menambah pengetahuan kalian ya!(*)