Ikuti Verifikasi Faktual, Partai Gelora Sumbar Memenuhi Syarat -->

Ikuti Verifikasi Faktual, Partai Gelora Sumbar Memenuhi Syarat

Minggu, 16 Oktober 2022

Ketua Umum Partai Gelora Sumbar, M. Yasin menyambut Komisioner KPU Sumbar, Yuzalmon saat verifikasi faktual partai baru tersebut.


Padang, Fajarsumbar.com-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sumbar melakukan verifikasi faktual Partai Gelombang Rakyat Indonesia (Gelora) Sumbar. Verifikasi faktual ini dilakukan menyusul ditetapkannya Partai Gelora lolos verifikasi administrasi bersama 17 parpol lainnya oleh KPU Pusat.


Sebagai partai baru, Partai Gelora telah ditetapkan lolos verifikasi administrasi. Tahap verifikasi faktual, KPU Sumbar melakukan verifikasi faktual pada Minggu (16/10). Rombongan KPU Sumbar dipimpin Komisioner KPU Sumbar, Yuzalmon dan didampingi Bawaslu Sumbar yang dipimpin Anggota Bawaslu, Elly Yanti.


Verifikasi berlangsung lancar. Pengurus Partai Gelora Sumbar dipimpin Ketua Umum, M. Yasin yang didampingi Sekretaris Umum, Erizal, Bendahara, Jon Afrizal dan pengurus lainnya, terutama pengurus perempuan. Partai Gelora Sumbar dinyatakan memenuhi syarat.


Komisioner KPU Sumbar, Yuzalmon menyebutkan verifikasi faktual Partai Gelora Sumbar langsung dengan baik. “Pada prinsipnya, KPU tidak mempersulit, tidak pula memudah-mudahkan,” ujar Yuzalmon.


Data verifikasi faktual selanjutnya akan diteruskan ke KPU Pusat. Menurut Yuzalmon, semua proses verifikasi yang dilaksanakan KPU bisa diakses oleh partai politik. Jadi, semuanya berjalan secara terbuka dan transparan.


Anggota Bawaslu Sumbar, Elly Yanti menyebutkan, dalam verifikasi faktual ini, Bawaslu pada prinsipnya mengawasi kerja KPU. “Sejuah ini, verifikasi berjalan dengan baik,” ujar Elly Yanti.


Ketua Umum Partai Gelora Sumbar, M. Yasin mengungkapkan rasa syukur, karena sebagai partai baru, Gelora sudah masuk dalam tahap verifikasi faktual. “Sebagai partai baru, perjuangan kita sangat berat. Alhamdulillah, kita sudah sampai di tahap ini. Semoga selanjutnya menjadi peserta Pemilu 2024,” ujar M. Yasin.


M. Yasin juga mengungkapkan kesiapan Partai Gelora di tingkat kabupaten dan kota untuk melaksanakan verifikasi faktual. Beberapa DPD Partai Gelora di Sumbar mengikuti verifikasi faktual di hari yang sama. Beberapa DPD lain mendapatkan jadwal di hari yang lain. M. Yasin berharap, Partai Gelora Sumbar bisa melewati tahapan verifikasi faktual dengan baik. (ar)