Kabupaten Dharmasraya Lakukan Studi Tiru E-Kinerja Ke Kota Payakumbuh -->

Kabupaten Dharmasraya Lakukan Studi Tiru E-Kinerja Ke Kota Payakumbuh

Rabu, 05 Oktober 2022
.


Payakumbuh, fajarsumbar.com --- Dengan telah berhasilnya Pemerintah Kota Payakumbuh dalam pengelolaan keterbukaan informasi publik di era digital saat ini, Pemerintah Kabupaten Dharmasraya laksanakan kunjungan studi tiru ke Pemerintah Kota Payakumbuh.


Hal ini terlihat dengan kunjungan Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Kabupaten Dharmasraya ke Kota Payakumbuh untuk melakukan studi tiru serta juga untuk mengadopsi dalam penggunaan aplikasi E-Kinerja pada Dinas Kominfo Kabupaten Dharmasraya. 


Kepala Dinas Kominfo Kota Payakumbuh Junaidi didampingi Kabag Protokoler Nalfira dan Kabid BKPSDM Ance Alfiando menyambut hangat kedatangan rombongan dari Pemerintah Dharmasraya bersama jajaran di Aula Randang Kantor Wali Kota Payakumbuh, Rabu(5/10). 


Dalam sambutannya, Junaidi sekilas menjelaskan aplikasi E-Kinerja merupakan pilot project remunerasi Pemko Payakumbuh yang dilaksanakan secara bertahap untuk mengukur kinerja pegawai/SKPD dan memberikan Rewards/ Punishment kepada PNS/SKPD.


“Pada tahun 2019, Pemerintah Kota terus melakukan pembenahan, termasuk dalam birokrasi dan bapak Wali Kota melihat banyak yang perlu dievaluasi,” ujar Junaidi


Aplikasi ini kian tahun makin dilakukan peningkatan hingga kini berada pada sistem aplikasi E-Kinerja 4.0 . 


“Dalam hal ini, Wali Kota menerapkan reward and punishment dalam memberikan apresiasi kepada SKPK jajaran Pemko Payakumbuh dan aparatur,” jelasnya


Junaidi juga mengatakan bahwa E-Kinerja merupakan dasar pemberian punishment dan reward kepada ASN sebagai bentuk tambahan penghasilan pegawai (TPP).


SKPK yang memiliki prestasi dan mampu mencapai target-target pembangunan akan mendapatkan reward dan penghargaan, sementara bagi SKPK yang dinilai gagal akan dikenai punishment serta evaluasi, lanjutnya.


“Begitu juga untuk para PNS, yang berprestasi akan diberikan penghargaan, seperti reward berupa tambahan penghasilan,” jelas Junaidi


Junaidi pun menerangkan bahwa kebijakan ini ditempuh dalam rangka mendorong kinerja SKPK dan aparatur Kota Payakumbuh sehingga dapat mencapai target-target pembangunan yang telah ditetapkan.


Kepada jajaran Pemkab Dharmasraya yang hadir, Junaidi juga mempersilahkan untuk saling berdiskusi lebih lanjut dan secara berkelanjutan tentang aplikasi apa saja yang telah digunakan oleh Pemko Payakumbuh dalam pengelolaan keterbukaan informasi publik


“Mari kita manfaatkan silaturrahmi ini dengan baik. Saling mempelajari dan memberi saran satu-sama lain. Dengan harapan kedua pihak baik itu Pemko Payakumbuh dan Pemkab Dharmasraya bisa mengimplementasikan hasilnya dimasa yang akan datang,” pungkasnya.


Dikesempatan yang sama, Asisten III Pemerintah Kabupaten Dharmasraya Khairuddin mengucapkan terima kasih kepada Pemko Payakumbuh yang telah menerima kedatangan dari rombongan Pemerintah Kabupaten Dharmasraya untuk melaksanakan studi tiru ke Kota Payakumbuh. 


" Terima kasih kami ucapkan kepada Pemerintah Kota Payakumbuh yang dalam hal ini bapak Kepala Dinas Kominfo Kota Payakumbuh beserta jajaran yang telah menyambut kami beserta rombongan serta bersedia melakukan diskusi serta sharing ilmu untuk pembelajaran kami di Pemkab Dharmasraya," Ujar Khairuddin


Lebih lanjut Khairuddin menyampaikan maksud kedatangannya untuk mempelajari Aplikasi E-Kinerja yang telah diterapkan di Kota Payakumbuh dan beberapa aplikasi lainnya untuk menunjang kinerja pemerintahan.


"Kami mendengar Pemerintah Kota Payakumbuh mempunyai Aplikasi E-Kinerja untuk pemantauan kegiatan ASN serta pengoptimalan pembayaran TPP dan kami ke Payakumbuh untuk melakukan studi tiru dalam pembuatan aplikasi tersebut. Kami perlu belajar banyak dengan Pemko Payakumbuh tidak hanya aplikasi E-Kinerja, Tapi kami juga ingin mempelajari tentang aplikasi yang ada di Puskesmas dan Rumah sakit," Ujar Khairuddin


"Semoga dengan silaturahmi dan sharing ilmu yang kita laksanakan saat ini, Pemko Payakumbuh dan Pemkab Dharmasraya dapat saling bersinergi untuk kemajuan pemerintahan ke arah yang lebih baik lagi," Pungkas Khairuddin.(ul)