Kebersihan Pasar Prioritas Pemko Payakumbuh -->

Kebersihan Pasar Prioritas Pemko Payakumbuh

Selasa, 04 Oktober 2022
.


Payakumbuh, fajarsumbar.com - Dinas Koperasi dan UKM mulai fokus untuk menangani kebersihan pasar guna memberikan rasa nyaman kepada konsumen dan pedagang dalam beraktifitas di pasar.


"Kebersihan pasar menjadi perhatian serius kami dalam melakukan penataan pasar di Kota Payakumbuh termasuk kebersihan pasar Tradisional Ibuh,” kata Kepala Dinas Koperasi dan UKM, M. Faizal didampingi Kabid Pasar, Arnel kepada wartawan di lapangan, Selasa (4/10).


Menurutnya, penataan kebersihan pasar menjadi program prioritas dalam penataan pasar sebagai bentuk dukungan pihaknya terhadap terwujudnya Kota Payakumbuh yang bersih, indah dan nyaman, khususnya di lingkup pasar.


“Hal ini tidak saja menjadi tangungjawab petugas kebersihan dari dinas terkait tetapi menjadi tangungjawab semua, termasuk penghuni pasar yang berdagang dalam pasar. Selanjutnya kita akan menggerakan semua potensi dalam kawasan pasar untuk bersama-sama menjaga kebersihan dalam kawasan pasar,” ujar Faizal.


Sementara itu Kabid Pasar Arnel menambahkan, semua petugas kebersihan, termasuk petugas keamanan (Trantib Pasar) pun sambil patroli di pasar turun bersama membersihkan, dan memungut sampah yang berserakan dalam kawasan pasar. Pihaknya mengaku siap untuk terus menjaga kebersihan ini sekaligus sosialisasikan kepada para pedagang agar membuang sampah pada tempat yang telah disediakan. 


“Intinya Bidang Pasar dibawah naungan Dinas Koperasi dan UKM kota Payakunbuh serius tangani persoalan sampah, apalagi pasar Payakumbuh menjadi salah satu tujuan wisatawan sehingga kebersihan adalah yang hal utama,” terang Arnel.(ul)