Kebun Wisata Stroberi 'Petik Sendiri' Jadi Perhatian Bupati Agam -->

Iklan Atas

Kebun Wisata Stroberi 'Petik Sendiri' Jadi Perhatian Bupati Agam

Senin, 17 Oktober 2022
.


Balingka, fajarsumbar.com - Bupati Agam, Dr H Andri Warman, MM kunjungi Kebun Stroberi Angah Bancah yang terletak di Jorong Pahambatan Nagari Balingka, Kecamatan IV Koto, Senin (17/10). Kebun ini merupakan milik pribadi pasangan suami istri Darsman Sutan Pangulu dan Suwarni.


Kebun stroberi ini menjadi salah satu agrowisata yang dibuka untuk umum setiap hari dan menyediakan fasilitas wisata petik kepada pengunjung. Stroberi juga bisa dibeli dalam bentuk yang sudah dipetik oleh petugas dengan harga Rp 80.000 per kilo.


Kebun Stroberi Angah Bancah juga menyediakan bibit stroberi dan sarung stroberi, keripik daun stroberi, stik sulur stroberi, sirup stroberi, the telur stroberi, dan selai stroberi.


Pemkab Agam sangat mendukung warga yang mengembangkan usaha stroberi khususnya di Nagari Balingka karena Nagari Balingka termasuk wilayah yang sudah cukup banyak menghasilkan stroberi di Kabupaten Agam. Sampai saat ini sudah terdapat lebih dari 20 kebun stroberi yang dikelola, baik untuk tujuan produksi maupun untuk tujuan agrowisata.


“Agam nanti akan kita jadikan daerah tujuan wisata. Pemda Sumatera Barat sudah mencanangkan tahun 2023 nanti menjadi tahun pariwisata. Salah satu pengembangan wisatanya adalah adanya pokdarwis-pokdarwis dan wisata stroberi yang dipetik sendiri”, kata Bupati.


Harapannya usaha agrowisata kebun stroberi ini dapat terus berkembang dan mendukung terwujudnya tahun pariwisata di 2023. Pada kesempatan tersebut, Bupati bersama rombongan juga menyempatkan untuk memetik stroberi dan menyicipi hidangan khas stroberi dari perkebunan tersebut. (yanto)