Kejari Tanah Datar Lakukan Pemusnahan BB Narkotika dan Lainnya -->

Kejari Tanah Datar Lakukan Pemusnahan BB Narkotika dan Lainnya

Selasa, 11 Oktober 2022

Pemusnahan Barang Bukti Narkotika dan lainnya, di Kajari Tanah Datar, Selasa (11/10) 


 

Tanah Datar, fajarsumbar.com - Bupati Tanah Datar Eka Putra, SE, MM, Ketua DPRD H. Rony Mulyadi, SE Dt. Bungsu bersama Forkopimda lakukan pemusnahan Barang Bukti (BB) Narkotika dan BB lainnya, di halaman Kantor Kejaksaan Negeri Tanah Datar, Selasa (11/10/22). 


Sebanyak 3 (tiga) paket sedang Narkotika golongan satu jenis ganja yang dibungkus dengan kertas pembungkus nasi seberat 52,40 gram, 1 (satu) unit hand phone, 1 (satu) paket batu domino, 1 (satu) lembar kertas minyak, 1 (satu) buah obeng, 1 (satu) paket Narkotika golongan satu jenis shabu dengan berat 0,09 gram dimusnahkan. 


Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Tanah Datar Otong Hendra Rahayu, SH, MH mengatakan, pemusnahan BB ini rutin dilaksanakan, namun beberapa tahun belakangan sempat vakum akibat Covid-19 dan saat ini kembali dilaksanakan. 


"BB yang dimusnahkan merupakan BB yang berasal tindak pidana umum, dalam kurun waktu 31 Desember 2021 hingga 7 September 2022,dan tercatat sebanyak 30 perkara yang sudah mempunyai kekuatan hukum tetap," ucap Kajari. 


Dikatakan Otong, pemusnahan ini bertujuan agar terhindar dari resiko hilangnya BB dari tempat penyimpanan atau disalah gunakan atau dimanfaatkan kembali oleh pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab atau oknum, serta menghindari terjadinya kerusakan BB dari semula setelah diputus secara inkracht oleh Pengadilan Negeri (PN). 


"Pemusnahan BB ini juga sebagai upaya Kejaksaan Negeri Tanah Datar dalam mendukung program Pemerintah Daerah, dalam meminimalisir dan mengantisipasi maraknya penyalahgunaan narkoba, baik penguasaan, penggunaan maupun peredarannya," tutur Otong. 


Otong juga menyebutkan, penyalahgunaan Narkotika di Tanah Datar tergolong cukup banyak, dan didominasi generasi muda atau usia produktif. 


"Kedepan di Tanah Datar ada rumah rehabilitasi sehingga setiap pelaku atau korban pengguna Narkotika, tidak harus selalu masuk penjara, namun dengan tujuan membantu pencandu mencapai kemandirian optimal secara fisik, mental, sosial, vokasional dan ekonomi, dimana pada umumnya pencandu merupakan orang yang sakit fisik dan jiwanya," harap Kajari. 


Sementara itu, Bupati Tanah Datar Eka Putra menyambut baik pemusnahan BB tersebut, serta berharap itu sebagai langkah positif, dalam rangka memerangi narkoba dan sejenisnya di Tanah Datar. 


"Narkoba musuh kita bersama, karena tidak hanya merusak kesehatan, narkoba juga mempengaruhi kecerdasan, dan perkembangan otak bagi anak-anak remaja. Narkoba mengerikan, dari itu mari bersama mengkampanyekan bahaya laten narkoba, terhadap generasi muda di Tanah Datar," ajak Bupati. 


Eka Putra juga berharap, dengan pemusnahan BB tersebut narkoba juga musnah di Tanah Datar, dan bersama OPD terkait akan melakukan berbagai upaya, salah satunya membentuk Nagari Bersinar atau Nagari Bersih Narkoba. 


"Mari kita bersama-sama, semua elemen ikut terlibat dalam memerangi narkoba, karena saat ini narkoba marak dan berbagai jenis bentuknya, dari itu mari kita perangi bersama," tukas Bupati. 


Terkait rumah rehabilitasi dikatakan Eka Putra, Pemda telah mempersiapkan lahan dan BNN pusat juga telah berkunjung ke Tanah Datar, dari itu bersama DPRD tentu akan mendukung ini, mudah-mudahan BNNK bisa berdiri di Tanah Datar. (F12)