Kepala Dinas Pendidikan Apresiasi Aksi Paguyuban Wali Murid SDN 10 Payakumbuh -->

Kepala Dinas Pendidikan Apresiasi Aksi Paguyuban Wali Murid SDN 10 Payakumbuh

Minggu, 23 Oktober 2022
Hari libur, paguyuban wali murid siswa SDN 10 Payakumbuh gelar goro di sekolah


Payakumbuh, fajarsumbar.com - Puluhan wali murid Kelas V SDN 10 Payakumbuh yang berlokasi di Balai Betung, Kelurahan Ompang Tanah Sirah pada Minggu (23/10/2022) pagi melaksanakan goro bersama di sekolah. Gotong royong ini bertujuan untuk membantu pihak sekolah yang kabarnya dalam waktu dekat ini akan mengikuti penilaian Akreditasi. 


Goyong royong yang dilakukan paguyuban wali mirid siswa kelas V SDN 10 Payakumbuh ini adalah sebagai tindak lanjut rapat wali murid Kelas V yang dilaksakan pada Rabu (19/10/2022) lalu. Dalam rapat tersebut diputuskan bahwa wali murid Kelas V sepakat menjadikan lokal anak mereka sebagai lokal terbersih dan terindah di SDN 10 Payakumbuh.


"Ya, hari ini kita wali murid siswa Kelas V gotong royong melibat semua orangtua.  Yang laki-laki bertugas mengikis cat dinding yang terkelupas dimakan usia. Sebagian lain mendompol, dan mencat. Sebelumnya, kaum ibu menyapu ruang kelas yang akan dicat kaum bapak,"terang Wahyu Uliadi, Koordinator Paguyuban Wali murid kelas V.


Dikatakannya, disamping sebagai ajang silaturahim, goro pagi itu adalah sebagai wujud kepedulian wali murid dalam mendukung pihak sekolah.


"Sukses pendidikan itu tidak cukup dengan sekolah semata, atau mengharapkan dana pemerintah saja. Bantuan dari pemerintah untuk sekolah ada aturannya, serta bergantian. Jadi, mana yang belum tersentuh pemerintah, sudah sewajarnya dituntaskan melalui konstribusi dari masyarakat melalui wali murid. Pagi ini kita sudah beli 10 Kg cat dinding warna hijau, 1 Kg cat minyak warna putih dan 5 Kg dempul dan kuas. Saat ini kita laksanakan goro tahap pertama, tahap II kita bakal menuangkan lukisan di dinding dan membuat sudut baca bagi anak-anak kita. Sedangkan kaum ibu sibuk menyiapkan air minum dan snak ringan. Direncanakan, minggu depan, kaum ibu akan membuat tamplak meja sebanyak 25 buah,"ulasnya.


Kepada pihak SDN 10 Payakumbuh, koordinator paguyuban berharap agar Kepala SDN 10 Payakumbuh dan jajaran tetap solid dan bersemangat memajukan mutu sekolah yang terletak di pinggiran kota Payakumbuh ini. Dirinya juga berharap, agar para guru tetap menjadi teladan bagi siswa dalam Kebersihan, Keindahan dan Ketertiban (K3), sehingga tiada lagi sampah berserakan, tapi terkumpul dalam tempat sampah. Sehingga kedepan SDN 10 Payakumbuh punya prestasi spesifikasi tersendiri, baik akademik dan non akademik.


Kepala SDN 10 Payakumbuh, Yurnida yang ikut hadir pagi itu bersama wali kelas V, Amril. Z, mengucapkan terima kasih kepada Paguyuban wali murid siswa kelas V yang telah ikut membantu sekolah.


"Atas nama sekolah, Kami mengucapkan terima kasih kepada wali murid yang telah berkonstribusi kepada sekolah, secara swadaya. Kami sangat terbantu. Semoga aksi ini dinilai Allah sebagai sadaqah jariah. Dan kami sangat butuh bantuan untuk menajukan prestasi dan mutu sekolah. Sekali lagi terima kasih,"apresiasi Yurnida.


"Dan pada hari ini juga, kami mendapatkan kabar bahwa paguyuban wali murid siswa kelas III jugabakan goro, siang ini. Semoga soliditas ini terus terjalin,"harap Yurnida.


Terpisah, Kepala Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh, H. Dasril pun ikut mrngapresiasi aksi paguyuban wali murid siswa SDN 10 Payakumbuh, ini.


"Kami support dan dukung kegiatan positif walimurid ini, tentunya dukungan orangtua siswa sangat diperlukan untuk kemajuan anak didiknya. Termasuk membantu fasilitas layanan di sekolah, karena dana BOS tidak bisa mengcover semua kebutuhan sekolah. Justru dalam pengunaannya harus tunduk pada juknis dan kebutuhan, terhadap hal-hal di luar juknis perlu ada sumber dana lain.Disinilah peran komite sekolah bersama wali murid sesuai Permendikbud Nomor 75 tahun 2016. Alhamdulillah, terima kasih,"pungkas Dasril.(ul)