Kominfo Tanah Datar Kunjungi SMAN 1 Sungayang Tinjau Badan Publik -->

Kominfo Tanah Datar Kunjungi SMAN 1 Sungayang Tinjau Badan Publik

Jumat, 07 Oktober 2022

Dinas Kominfo Tanah Datar meninjau Badan Publik di SMAN 1 Sungayang


Tanah Datar, fajarsumbar.com - Tindak lanjut dari rapat koordinasi yang dilaksanakan beberapa waktu lalu, Dinas Kominfo Tanah Datar selaku Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) utama, melakukan kunjungan lapangan ke SMAN 1 Sungayang, Kamis (6/10/22). 


Kunjungan tersebut dalam rangka pembinaan sekaligus meninjau persiapan Badan Publik jelang penilaian Keterbukaan Informasi Publik (KIP) Komisi Informasi (KI), tingkat Sumatera Barat tahun 2022 yang dilakukan pada 20 dan 21 Oktober mendatang.


Pembinaan tersebut dipimpin langsung Kadis Kominfo Tanah Datar Drs. Yusrizal MM, didampingi Kabid IKP Roza Melfita, beserta pejabat fungsional di lingkungan Dinas Kominfo Tanah Datar.


Pada kesempatan tersebut, Kadis Yusrizal menyampaikan, SMAN 1 Sungayang merupakan salah satu badan publik yang PPID nya terbaik di Tanah Datar, karena dari beberapa kali penilaian selalu berbenah.


"Sebenarnya kita kesini tidak membina lagi, karena SMAN 1 Sungayang ini sudah siap sebetulnya. Pada tahun sebelumnya juga sudah masuk nominasi lima besar, namun daerah lain ada yang lebih baik kita," ucap Yusrizal.


Lebih lanjut, jelang penilaian nantinya Yusrizal meminta PPID SMAN 1 Sungayang, menyiapkan dokumen yang sudah di upload kedalam kuisioner dan harus disiapkan dalam bentuk hard copy, SOP nya dilengkapi, serta ditambahkan juga informasi tertulis melalui spanduk dan inovasi lainnya.


"Dari beberapa hal yang disiapkan seperti websitenya sudah kita lihat, kita harapkan dokumen yang diupload ke kuisioner hard copy nya juga harus ada, SOP dilengkapi, tambahan juga ada inovasi yang dilakukan sekolah," kata Kadis.


Kadis Kominfo berharap, Tanah Datar informatif itu betul terwujud, dan itu terwujud dari badan publik yang informatif, karena tidak mungkin kita informatif kalau bada publiknya tidak informatif. 


Sementara itu, Kepala Sekolah SMAN 1 Sungayang, Dra. Zahraine M. Pd menyampaikan, untuk PPID di sekolahnya disebut dengan istilah "KASIH" (Kooperatif, Akuntabel, Semangat, Inovatif, dan Harmoni) 


"Terkait dengan bentuk persiapan yang di upload kedalam kuisioner pihaknya juga telah mempersiapkan dalam bentuk hard copy," sampai Kepsek SMAN 1 Sungayang.(F12)