LMOP Angkatan II Dispora Sumbar, Wabup : Pemuda Harus Mampu Mainkan Peranannya Dengan Baik -->

LMOP Angkatan II Dispora Sumbar, Wabup : Pemuda Harus Mampu Mainkan Peranannya Dengan Baik

Sabtu, 22 Oktober 2022

Wabup Richi Aprian foto bersama dengan peserta LMOP angkatan II, Dispora Sumbar, di Emersia Hotel Batusangkar, Sabtu (22/10) 

 

Tanah Datar, fajarsumbar.com - Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) kembali melaksanakan, Latihan Manajemen Organisasi Pemuda (LMOP) angkatan ke II, Tingkat Provinsi Sumbar Tahun 2022, yang dilaksanakan selama empat hari dari tanggal 20-23 Oktober 2022, di Emersia Hotel Batusangkar. 


Dalam rangka mewujudkan organisasi pemuda yang maju, mandiri dan profesional, Wakil Bupati (Wabup) Tanah Datar Richi Aprian, SH. MH, yang juga menjadi pemateri, mendukung program pelatihan yang dilaksanakan Dispora Sumbar, melalui dana Pokir Anggota DPRD Provinsi Sumbar Arkadius Dt. Intan Bano, Sabtu (22/10/22). 


Hadir sebagai narasumber pada kesempatan tersebut Wabup Richi Aprian menyampaikan materi "Kepemimpinan Dalam Organisasi Kepemudaan". 


Wabup Richi Aprian mengemukakan, pemuda sebagai objek dan subjek pembangunan, dan juga merupakan tulang punggung perekonomian. Untuk itu, pemuda harus mampu memainkan perannya dengan baik, dan siap jadi pemimpin di organisasinya. 


"Pemuda harus siap bersaing, memiliki kemampuan, serta meningkatkan kapasitasnya, yang juga bisa melalui organisasi kepemudaan. Kami menyambut baik kegiatan ini, agar lahir generasi muda yang mampu memberikan pembaharuan, dan siap menjadi pemimpin di masa depan," ungkap Wabup. 


Wabup katakan lagi, peran pemuda dalam sejarah Indonesia sangat besar, salah satu diantaranya Budi Utomo, sampai dengan menyatukan pemuda yang disebut Sumpah Pemuda. Namun, tantangan pemuda saat ini sangat besar, dengan kemajuan teknologi yang terus berkembang. 


"Pemuda juga disebut kaum milenial dan generasi emas, untuk itu mari bangkitkan kembali semangat perjuangan, sebagaimana banyak tokoh nasional yang berasal dari Sumatera Barat, bahkan dari Tanah Datar ini," ujar Richi Aprian. 


Richi Aprian juga ingatkan, seorang pemimpin dalam memimpin organisasi, harus tahu yang ada dihati orang yang dia pimpin, serta seorang pemimpin tidak diminta dilayani. "Menjadi seorang pemimpin harus punya tujuan, dengan melakukan hal yang terbaik saat ini dan sebaik-baiknya," pesannya. 


LMOP yang dilaksanakan oleh Dispora Provinsi Sumbar tersebut mengusung tema "Melalui Latihan Manajemen Organisasi Pemuda Kita Wujudkan Organisasi Pemuda yang Maju, Mandiri dan Profesional", yang diikuti sebanyak 38 orang peserta, dari berbagai organisasi pemuda se Tanah Datar. (F12)