Miliarder Ini Lepaskan Kewarganegaraan Rusia, Tinggalkan Negara Itu untuk Selamanya -->

Miliarder Ini Lepaskan Kewarganegaraan Rusia, Tinggalkan Negara Itu untuk Selamanya

Selasa, 11 Oktober 2022

Miliarder yang juga pendiri perusahaan investasi internet DST Global, Yuri Milner.


LOS ANGELES – Miliarder Israel-Rusia, Yuri Milner, memastikan dirinya bukan lagi warga negara Rusia. Dia telah melepaskan kewarganegaraan Rusia setelah meninggalkan negara itu pada 2014. 


Milner adalah pendiri perusahaan investasi internet DST Global. Dia menghasilkan banyak uang dengan menaruh sahamnya pada perusahaan teknologi China seperti platform e-commerce Alibaba dan JD.com 9618.HK,sebagaimana dikutip iNews.id.


“Saya dan keluarga saya meninggalkan Rusia untuk selamanya pada 2014, setelah aneksasi Rusia atas Krimea,” cuit Milner di Twitter, Senin (10/10/2022).  


“Dan musim panas ini, kami secara resmi menyelesaikan proses pelepasan kewarganegaraan Rusia kami,” ungkapnya.


Milner telah menjadi warga negara Israel sejak 1999. Menurut lembar fakta di situs web DST Global, dia belum pernah mengunjungi Rusia lagi sejak 2014, tatkala Rusia mencaplok Krimea dari Ukraina.


Lelaki itu juga tidak memiliki aset di Rusia. Sebanyak 97 persen dari kekayaan pribadinya dihasilkan di luar negeri.  “Yuri belum pernah bertemu Vladimir Putin, baik secara individu maupun kelompok,” demikian keterangan di situs web tersebut.(*)