Novi Endri DT Simarajo Kembali Pimpin KAN Nagari Lubuk Basung -->

Novi Endri DT Simarajo Kembali Pimpin KAN Nagari Lubuk Basung

Sabtu, 22 Oktober 2022

Pengurus terpilih KAN Nagari Lubuk Basung periode 2022-2025

 Lubuk Basung, fajarsumbar. com - Novi Endri DT Simarajo kembali terpilih sebagai ketua Kerapatan Adat Nagari (KAN ) Lubuk Basung periode 2022- 2025 dalam  rapat paripurna yang di gelar di balairiung KAN Nagari Lubuk Basung, Sabtu  (22/10). 


Rapat paripurna tersebut di laksanakan dalam rangka pertanggung jawaban dan pembubaran pengurus  periode 2019-2022 yang sudah habis masa tugasnya, sekaligus melakukan pemilihan pengurus baru periode 2022-2025 yang akan datang.


Novi Endri DT Simarajo ketua KAN periode 2019-2022 dalam laporannya menyampaikan, terima kasih atas kepercayaan dan dukungan dari seluruh ninik mamak nagari Lubuk Basung dalam menjalankan  program yang telah direncanakan oleh pengurus KAN periode 2019-2022.


"Terima kasih atas dukungan dan kepercayaan Ninik Mamak nagari yang telah diberikan kepada kami, sehingga dalam  bekerja, kami bisa melaksanakan program yang telah direncanankan dengan baik," katanya


N.E. Dt simarajo juga memaparkan beberapa program yang telah selesai dilaksanakan,  seperti bidang organisasi kelembagaan.


"Pada bidang organisasi kelembagaan sudah dilaksanakan pendataan kaum berdasarkan Ranji keturunan, pengangkatan dan registrasi Ninik mamak patah tumbuah hilang baganti dalam kaum sebanyak 16 orang juga telah dilaksanakan.

Untuk bidang urusan sengketa Sako dan pusako juga bisa terlaksana dengan baik. Begitu juga dalam penguatan Sako dan Pusako, kita telah adakan  penyuluhan bagaimana  mengembangkan pemahaman  tentang Adat Basandi Syara', Syara' basandi kitabulah," tuturnya.


DT Simarajo menambahkan, dalam menyelesaikan pengadilan sengketa Sako dan Pusako , KAN Nagari Lubuk Basung sudah memiliki  peradilan adat Nagari Lubuk Basung," Imbuhnya.


Dalam penyampaiannya DT. Simarajo juga menyampaikan laporan keuangan dengan jelas dan terperinci.


Sementara itu Helmon. DT Hitam  salah seorang Ninik mamak yang Hadir dalam rapat paripurna mengapresiasi kinerja pengurus 


"Secara umum laporan dari pengurus bisa diterima, program yang direncanakan oleh pengurus juga bisa terlaksana ," katanya.


Perubahan yang sangat signifikan terlihat dari keberadaan kantor KAN Lubuk Basung, mulai dari pelayanan terhadap sanak kemenakan yang bisa datang setiap kerja, juga fasilitas yang sudah tertata dengan baik.(Yanto)