Pemkab Tanah Datar dan Mentawai Tandatangani MoU Sektor Pertanian -->

Pemkab Tanah Datar dan Mentawai Tandatangani MoU Sektor Pertanian

Jumat, 21 Oktober 2022

Bupati Eka Putra menyerahkan cenderamata kepada Pj Bupati Mentawai, di Gedung Indo Jolito Batusangkar, Jum'at (21/10) 

 

Tanah Datar, fajarsumbar.com - Dalam rangka meningkatkannya kesejahteraan masyarakat di sektor pertanian, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) MPTanah Datar lakukan kerjasama dengan Kabupaten Kepulauan Mentawai. Kerjasama tersebut ditandai dengan penandatanganan MoU antara Bupati Eka Putra dengan Penjabat (Pj) Bupati Kepulauan Mentawai Martinus Dahlan, di Gedung Indo Jolito Batusangkar, Jumat (21/10/22). 


Turut hadir mendampingi Bupati Mentawai, Ketua TP-PKK Ny. Prisilia Martinus, Dandim 0319 Mentawai, Kajari Mentawai, Asisten, Pimpinan OPD terkait, sedangkan mendampingi Bupati Tanah Datar, Ketua TP PKK Ny. Lise Eka Putra, Forkopimda, Asisten, Pimpinan OPD terkait, Kepala Bagian Setda Tanah Datar dan Pimpinan Perumda Tanah Datar. 


Bupati Eka Putra sampaikan, sektor pertanian adalah sektor andalan Kabupaten Tanah Datar, dalam rangka menangani inflasi daerah, diantaranya peningkatan produksi dan hilirisasi bawang merah dan cabe merah. 


"Pengendalian Inflasi dilakukan melalui strategi 4 K yaitu ketersediaan pasokan, kelancaran distribusi dan komunikasi yang efektif, serta ketersediaan pasokan. Tanah datar penghasil beras, cabe, bawang, tomat dan telur, keseluruhan tersebut memiliki potensi untuk di kerjasamakakan dengan daerah lain," ungkap Bupati. 


Bupati tambahkan, menyikapi arahan Presiden RI pada Rakornas Pengendalian Inflasi 2022, pemerintah daerah diminta kerjasama daerah dengan daerah lain. Sebagai aksi nyata Pemkab Tanah Datar melakukan kerjasama dengan Pemkab Kepulauan Mentawai, di sektor pasokan pangan di bidang pertanian. 


"Hari ini kita melakukan kerjasama dengan Kepulauan Mentawai, ditandai dengan perjanjian kerja langsung melalui Dinas terkait kedua daerah diantaranya, Dinas Pertanian, Dinas Pangan dan Perikanan dan Dinas Koperindag," terangnya. 


Bupati juga berharap, ke depannya kerjasama ini juga dapat berlanjut di sektor pariwisata, karena Tanah Datar memiliki banyak destinasi wisata alam yang menarik. "Kami ucapkan terima kasih kepada Pemkab Kepulauan Mentawai, yang telah bekerja sama dengan Tanah Datar, semoga semua ini berjalan lancar," pungkasnya. 


Sementara itu, Pj Bupati Kepulauan Mentawai Martinus Dahlan juga sampaikan terima kasih atas kerjasama yang akan dilakukan, dimana kebutuhan bahan pokok di Kepulauan Mentawai sangat banyak, tergantung kepada pasokan dari daerah lain salah satunya dari Tanah Datar. 


"Kami menyambut gembira dengan kerjasama yang terjalin ini. Sebagaimana kita ketahui semua, pasokan pangan untuk masyarakat Mentawai sebagian besar dari daerah lain, salah satu dari hasil pertanian Tanah Datar," ungkapnya. 


Martinus harapkan, kerjasama ini menjadi salah satu lokomotif perkembangan bersama di wilayah Kepulauan Mentawai. "Tanah Datar ada alam yang indah, ini sudah satu keunggulan, Insya Allah ini secepatnya juga bisa dikerjasamakan melaui dinas terkait yaitu Dinas Pariwisata," harapnya. 


Martinus juga mengharapkan, dengan adanya kerjasama yang terjalin ini, bisa menjadi lokomotif bersama dan ke depan juga mampu menekan inflasi daerah. (F12)