Percepatan Penurunan Stunting, Padang Panjang Tiga Besar di Sumbar -->

Percepatan Penurunan Stunting, Padang Panjang Tiga Besar di Sumbar

Senin, 17 Oktober 2022
Drs. Asrul


Padang Panjang, fajarsumbar.com - Hingga Oktober ini, Kota Padang Panjang berada di posisi ketiga di Sumbar dalam pelaksanaan 8 aksi percepatan penurunan stunting. Pemko sudah melaksanakan kegiatan sampai aksi 6.


Delapan aksi tersebut adalah analisis situasi program penurunan stunting, penyusunan rencana kegiatan,  rembuk stunting, peraturan bupati/walikota tentang peran resa, pembinaan kader pembangunan manusia, sistem manajemen rata stunting, pengukuran dan publikasi data stunting dan review kinerja tahunan


Hal itu dijelaskan dalam evaluasi rencana tindak lanjut stunting yang digelar perwakilan BKKBN Sumatra Barat di Hotel Pangeran Beach, Padang, Senin (17/10) yang turut dihadiri Wakil Walikota, Drs. Asrul.


Asrul menyampaikan, bentuk keseriusan pemko melalui Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPs) Padang Panjang, adalah dengan melaksanakan setiap aksi sesuai dengan jadwal yang sudah ditetapkan. 


"Kita berharap dengan rencana-rencana yang sudah dilakukan, maupun yang akan dilakukan ini, bisa berjalan dengan baik. Sehingga bisa menurunkan angka stunting sesuai dengan target yang sudah ditetapkan," ungkapnya.


Evaluasi yang dibuka Kepala Perwakilan BKKBN Sumbar Fatmawati, S.T, M.Eng ini, juga dihadiri Kepala Bappeda Padang Panjang, Rusdianto, S.IP, MM, Kepala Dinas Kesehatan, dr. Faizah, Kepala DSPPKBPPPA, Drs. Osman Bin Nur, M.Si.


Pada sambutannya, Fatmawati mengatakan, tujuan dilaksanakannya kegiatan ini adalah untuk mengevaluasi rencana yang telah dilakukan maupun yang masih direncanakan dalam menindaklanjuti audit kasus stunting di Sumbar.


"Kita memiliki target angka stunting ini pada angka 14%. Ini menjadi tugas kita bersama dan kolaborasi kita dalam menjalankannya dan menjadi prioritas nasional. Sebenarnya dengan target ini sedikit susah, namun dengan kolaborasi dan sinergisitas kita bersama, ini pasti bisa," ujarnya. (syam)