Peringatan Hari Santri Nasional 2022, Ini Pesan Wabup Sijunjung -->

Peringatan Hari Santri Nasional 2022, Ini Pesan Wabup Sijunjung

Sabtu, 22 Oktober 2022
.


Sijunjung - Dalam rangka upacara peringatan Hari Santri Nasional, Wakil Bupati Sijunjung H. Iraddatillah menjadi pembina upacara di Pondok Pesantren Riadhus Sholihin di Koto Baru, Sabtu (22/10).


Dalam arahannya, Wabup Iraddatillah menyampaikan amanat Kementrian Agama RI, Presiden Joko Widodo melalui keputusan Presiden nomor 22 Tahun 2015 telah menetapkan tanggal 22 Oktober 2015 sebagai Hari Santri.


“Penetapan 22 Oktober sebagai Hari Santri merujuk tercetusnya “Resolusi Jihad” yang berisi fatwa kewajiban berjihad demi mempertahankan Kemerdekaan Indonesia. Untuk Tahun 2022 ini peringatan Hari Santri mengangkat tema” Berdaya Menjaga Martabat Kemanusiaan,” ungkapnya.


“Maksud tema ini adalah bahwa santri dalam kesejahteraannya selalu terlibat aktif dalam setiap fase perjalanan Indonesia. Ketika Indonesia memanggil, santri tidak pernah mengatakan tidak. Santri dengan berbagai latar belakangnya siap sedia mendarmabaktikan hidupnya untuk bangsa dan negara,” sambung Wabup.


Meski bisa jadi apa saja, sebutnya, santri tidak melupakan tugas utamanya, yaitu menjaga agama itu sendiri. Santri selalu mengedepankan nilai-nilai agama dalam setiap perilakunya. Bagi santri, agama adalah mata air yang selalu mengalirkan inspirasi-inspirasi untuk menjaga dan menjunjung tinggi martabat kemanusiaan


Kemudian, menjaga martabat kemanusiaan atau hifdzunnafs adalah satu tujuan yang diturunkan agama di muka bumi (maqashid al-syariah)


“Peringatan Hari santri bukanlah milik santri semata. Hari santri milik kita semua, milik semua komponen bangsa yang mencintai tanah air. Milik mereka yang memiliki keteguhan dalam menjunjung nilai-nilai kebangsaan. Karena dengan ini saya mengajak semua masyarakat Indonesia, apapun latar belakangnya, untuk turut serta ikut merayakan hari santri,” tutur orang nomor dua di Ranah Lansek Manih itu.(*/def)