Peringatan Maulid Nabi, Menag Minta Umat Islam Teladani Rasulullah Jaga Kerukunan -->

Peringatan Maulid Nabi, Menag Minta Umat Islam Teladani Rasulullah Jaga Kerukunan

Sabtu, 08 Oktober 2022

Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas memperingati hari Maulid Nabi Muhammad SAW.



JAKARTA - Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas meminta umat Islam meneladani Rasulullah SAW, termasuk dalam menjaga harmoni dan kerukunan. Hari ini peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW.


"Rasulullah telah memberikan praktik terbaik dalam membangun harmoni dan kerukunan masyarakat Madinah. Umat Islam hidup rukun berdampingan dengan kaum Yahudi dan Nasrani, dieratkan oleh Piagam Madinah," ujar Gus Yaqut dalam keterangannya di Jakarta, Sabtu (8/10/2022), sebagaimana dikutip iNews.id.


"Kerukunan adalah pra syarat pembangunan. Praktik baik yang diteladankan Rasulullah di Madinah, sepatutnya dicontoh umat Islam dalam membangun dan memajukan Indonesia di tengah keragaman masyarakatnya," ujar dia.


Menurut Gus Yaqut, dengan jumlah terbanyak, umat muslim Indonesia memiliki tanggung jawab besar menjaga harmoni Indonesia. Bahkan, dunia melirik keberhasilan Indonesia dalam merawat kerukunan dan menguatkan moderasi beragama.


"Harmoni Indonesia adalah tugas kita bersama untuk merawat dan melestarikan. Tak ada bangsa yang maju tanpa kerukunan. Untuk itulah, harmoni adalah syarat utama laju pembangunan menuju pencapaian emas," kata Ketua Umum GP Ansor ini.


Dalam semangat Maulid, Menag juga mengajak umat muslim mendoakan para korban meninggal dunia di Stadion Kanjuruhan Malang dan banjir di wilayah Jakarta Selatan, khususnya siswa-siswi MTsN 19 Jakarta. 


"Semoga seluruh amal kebaikan mereka diterima dan semua dosa diampuni Allah SWT. Amin," katanya.(*)