Peringati HSP dan Jari Jadi, MPC Kota Payakumbuh Gelar Berbagai Aksi Ajungan Jempol -->

Peringati HSP dan Jari Jadi, MPC Kota Payakumbuh Gelar Berbagai Aksi Ajungan Jempol

Sabtu, 29 Oktober 2022
Ketua MPC PP Payakumbuh dampingi langsung pelaksanaan proses donor darah


Payakumbuh, fajarsumbar.com - Memperingati Hari Sumpah Pemuda (HSP) Ke 94 dan Hari Jadi Organisasi Masyarakat Pemuda Pancasila (PP) Ke 63, Ketua MPC Kota Payakumbuh, Bung Dahler dan jajaran melaksanakan berbagai macam kegiatan yang patut mendapat pujian. 


Kegiatan tersebut mrnurut Ketua MPC Pemuda Pancasila Kota Payakumbuh adalah implementasi dari hasil rapat MPC yang dilaksanakan sebanyak 2 kali di bulan Oktober 2022.


Bergabung dengan ormas pemuda dan jajaran pegawai jajaran Pemko Payakumbuh, pada Jumat (28/10/2022), satu pleton Pemuda Pancasila mengikuti peringatan HSP di Balai Kota Payakumbuh. Bertindak Inspektur Upacara Sekdako Payakumbuh Dafrul Pasi.


Setelah mengikuti upacara peringatan HSP di Balai Kota, Ketua MPC PP Payakumbuh Bung Dahler memimpin langsung ormas melakukan ziarah dan tabut bunga di Taman Makam Pahlawan Kusuma Bangsa di Jalan Pahlawan kelurahan Ibuh, Kecamatan Payakumbuh Barat, Kota Payakumbuh.


Tak cukup disana, Program MPC PP Payakumbuh Peduli dilaksanakan usai ziarah kubur, melalui penyerahan santunan berupa sembako ke Panti Asuhan Aisyiah Muhammadiyah di kelurahan Sicincin krcamatan Payakumbuh Timur.


"Ya, Kita sudah lakukan kootdinasi secara intern dan ekstern. Memperingati HSP ke 94 dan HUT PP Ke 63 Tahun 2022, MPC Kota Payakumbuh harus bisa berkonstribusi dan menunjukkan bahwa ormas kita ada, dan bisa tampil memberi contoh kesolidan dan  mampu memberi manfaat kepada sesama. Meski semua kita laksanakan sevara Swadaya, ada 4 agenda yang kita laksanakan dalam memperingati HSP dan HUT PP tahun ini. Pertama, mengikuti upacara bendera dengan Pemko Payakumbuh (sesuai surat undangan Wali Kota Payakumbuh). Kedua, ziarah kubur dan tabur bunga di taman makam pahlawan (koordinasi dengan Kepala Dinsos). Ketiga, pelaksanaan MPC PP Payakumbuh Peduli di Panti Asuhan Aisyiah (koordinasi dengan pengurus). Dan hari ini, kita laksanakan Aksi kemanusiaan donor darah. Program MPC PP Payakumbuh Peduli kemanusiaan,"terang Bung Dahler, Sabtu(29/10/2022) di Aula Gedung Gambir, lokasi pelaksanaan aksi darah MPC PP Payakumbuh. 


Pelaksanaan donor darah MPC PP Payakumbuh Peduli Kemanusiaan bekerjasama dengan Kepada Unit Transfusi Darah (UTD) RSUD Adnaan WD Kota Payakumbuh. Aksi MPC PP Payakumbuh melibatkan jajaran Polres Payakumbuh, Dinas Perhubungan, Sat Pol PP, Lapas Kelas IIB Payakumbuh, Kankemenag, PMI, MPO PP Payakumbuh, pihak swasta, dan relawan donor darah Kota Payakumbuh. 


Dari daftar hadir, ada 25 pendonor dengan berbagai jenis golongan darah berhasil mengikuti donor, dan 50 persennya adalah personil PP Kota Payakumbuh. Proses pemeriksaan screening dan pengambilan darah dipimpin langsung dr. Hj Elista Yosepha bersama dr. Revi Sofiana, Nofiarti, Ridwan, Dinna, Wahyu, Iqbal dan Nani Yulia. Setidaknya ada 23 kantong darah terkumpul, bahkan keluarga pasien pun ikut hadit dan meminta bantuan untuk keluarga mereka.


"Alhamdulillah, Ini program perdana sejak MPC PP Payakumbuh terbentuk. Inilah nilai plus yang sudah kita konstribusikan bagi warga. Meski aksi peduli lain sudah kita laksanakan, aksi peduli gempa, banjir, serta peduli suka duka sesama anggota, serta sesama MPC, juga sudah kita laksanakan. Suksesnya kegiatan kita ini tak lepas dari dukungan Pemko Payakumbuh dan jajaran, Polres Payakumbuh, PMI, relawan dan pihak yang sudah terlibat. Terima kasih, khususnya panitia pelaksana yang bergerak cepat,"ungkap Bung Dahler.


"Kami atas nama RSUD Payakumbuh ikut apresiasi atas aksi kemanusiaan yang dilaksanakan MPC PP Payakumbuh, ini sebuah aksi sangat bermanfaat bagi yang membutuhkan. Insyaallah, dengan keikhlasan tinggi, aksi ini bermanfaat dunia akhirat. Semoga berlanjut,"apresiasi dr Elista Yosepha yang akrab disapa Ice.


"Terima kasih kami untuk kerjasama baik ini, juga untuk Kepala BPBD yang sudah memfasilitasi bed. Pendonor terbanyak datang dari Polres Payakumbuh. Usai donor, Pendonor sudah kita berikan obat penambah darah, susu kotak, dan telur rebus. Semoga kedepan motivasi warga akan peduli aksi kemanusiaan ini senantiasa dipupuk dan ditingkatkan,"harap Ice. (ul)