Polda Jatim Periksa 6 Tersangka Tragedi Kanjuruhan, Salah Satunya Dirut LIB -->

Iklan Atas

Polda Jatim Periksa 6 Tersangka Tragedi Kanjuruhan, Salah Satunya Dirut LIB

Selasa, 11 Oktober 2022

Kadiv Humas Polri Irjen Pol Dedi Prasetyo menyebut 6 tersangka tragedi Kanjuruhan diperiksa hari ini.


Jakarta - Polda Jawa Timur sudah melayangkan surat panggilan pemeriksaan terhadap enam tersangka tragedi di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur.  Salah satunya, Dirut LIB Ahmad Hadian Lukita. 


Kepala Divisi Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo mengungkapkan, pemeriksaan akan dilaksanakan pada hari ini, Selasa (11/10/2022), di Polda Jawa Timur.


"Rencana hari Selasa akan dipanggil untuk dimintai keterangan lagi oleh penyidik," kata Dedi. Dedi menyebut, penyidik Polda Jawa Timur akan melakukan pemeriksaan terhadap enam orang tersebut dalam kapasitasnya sebagai tersangka,sebagaimana dikutip iNews.id.


"Dan langkah-langkah selanjutnya nanti akan saya sampaikan kepada rekan rekan apabila saya sudah mendapatkan informasi dari tim penyidik Polda Jatim," ujar Dedi.  


Diketahui, Polri sudah menetapkan enam orang tersangka dalam peristiwa di Stadion Kanjuruhan. Mereka adalah, Direktur Utama LIB Ahmad Hadian Lukita, Ketua Panitia Pelaksana Arema Malang Abdul Haris, Security Officer Suko Sutrisno. 


Kemudian, Kabag Ops Polres Malang Kompol Wahyu Setyo Pranoto, Kasat Samapta Polres Malang AKP Bambang Sidik Achmadi dan Komandan Kompi Brimob Polda Jatim AKP Hasdarman. 


Atas perbuatannya para tersangka disangka melanggar Pasal 359 dan 360 KUHP tentang menyebabkan orang mati ataupun luka-luka berat karena kealpaan dan pasal 103 ayat (1) Jo Pasal 52 UU No.11 tahun 2022 tentang Keolahragaan.  


Secara paralel, Polri juga telah menetapkan 20 personel kepolisian sebagai pihak terduga pelanggar di dalam peristiwa Kanjuruhan tersebut. Rinciannya adalah enam personel dari Polres Malang dan 14 dari Satbrimobda Polda Jawa Timur.   


Mereka adalah, dari personel Polres Malang, FH, WS, BS, BSA, SA dan WA. Untuk personel dari Satbrimobda Jatim, AW, DY, HD, US, BP, AT, CA, SP, MI, MC, YF, TF, MW, dan WAL.(*)