Profil Timnas Tunisia di Piala Dunia 2022: Pembuktian Elang Kartago! -->

Profil Timnas Tunisia di Piala Dunia 2022: Pembuktian Elang Kartago!

Selasa, 25 Oktober 2022

 

Profil Timnas Tunisia di Piala Dunia 2022 



PROFIL Timnas Tunisia di Piala Dunia 2022 akan dibahas dalam artikel ini. Tunisia saat ini menempati peringkat ke-30 di ranking dunia FIFA dan menjadi kandidat kuda hitam di turnamen yang akan dilangsungkan di Qatar pada 20 November hingga 18 Desember 2022 ini.


Pada edisi Piala Dunia kali ini, Tunisia menempati Grup D bersama Prancis, Denmark, serta Australia. Meski dapat dikatakan berada di grup yang dipenuhi tim-tim kuat, Tunisia tentu juga bakal menunjukkan tajinya.


Sebelumnya, tim berjuluk Elang Kartago ini juga tampil di Piala Dunia Rusia 2018. Meski perjalanan Tunisia di Piala Dunia 2018 terbilang singkat, mereka mampu memberi kejutan ketika berhadapan dengan Belgia dan Inggris di Grup G kala itu, sebagaimana dikutip Okezone.com.


Walau pada akhirnya Elang Kartago mengalami kekalahan, mereka sempat membuat Inggris dan Belgia kesulitan. Apalagi ketika berhadapan dengan Inggris, Tunisia sukses menahan gempuran Harry Kane dan kolega. Lantas, di Piala Dunia 2022 ini apakah Tunisia bisa berbicara lebih banyak dan membuat kejutan lagi?


Perjalanan Lolos ke Piala Dunia 2022


Tunisa berlaga di Kualifikasi Piala Dunia 2022 dari ronde kedua atau langsung bertanding di babak grup. Elang Kartago tergabung dalam Grup B bersama Zambia, Mauritania, dan Guinea Khatulistiwa.


Dari babak grup, Tunisia mampu tampil perkasa usai memuncaki papan klasemen dengan meraih 13 poin dari enam laga. Youssef Msakni dan kolega akhirnya berhasil menyegel tiket ke Piala Dunia Qatar 2022 usai mengalahkan Mali dengan agregat 1-0.


Pemain Andalan

Tunisia tentunya memiliki pemain andalan di dalam skuadnya. Salah satunya adalah Wahbi Khazri.


Wahbi Khazri merupakan penyerang andalan Tunisia yang memiliki 70 caps dan telah mengoleksi 24 gol. Penyerang Montpellier itu pun juga menunjukkan kualitasnya di Liga Prancis musim ini.


Tercatat, Wahbi Khazri telah tampil sebanyak sembilan pertandingan bersama Montpellier. Dari sembilan penampilannya, ia telah mencatatkan dua gol dan satu assist di Liga Prancis 2022-2023.


Selain Wahbi Khazri, pemain Tunisia lainnya yang patut diwaspadai adalah sang kapten Youssef Msakni. Penyerang Al-Arabi FC itu musim ini telah tampil sebanyak enam kali dengan mengoleksi empat gol dan dua assist.


Pelatih

Jalel Kadri merupakan pelatih yang dapat dikatakan salah satu pelatih unggulan saat ini. Bagaimana tidak, ia mampu membawa Tunisia berlaga di Piala Dunia 2022.


Selain itu, Jalel Kadri juga sukses membawa Tunisia mendulang kesuksesan di Piala Kirin 2022. Piala Kirin sendiri merupakan kompetisi persahabatan yang diadakan di Jepang.


Di ajang tersebut Tunisia mampu meraih dua kemenangan dari dua pertandingan kontra Chili dan sang tuan rumah, Jepang. Melihat hasil apik itu, Jalel Kadri pun memiliki taktik yang tak bisa dianggap remeh tim-tim lain.(*)