Ratusan Rumah di Malang Terendam Banjir hingga 2 Meter, Warga 1 Dusun Terisolasi -->

Ratusan Rumah di Malang Terendam Banjir hingga 2 Meter, Warga 1 Dusun Terisolasi

Senin, 17 Oktober 2022

Salah satu rumah warga di Malang yang terendam banjir hingga menyisakan atap, Senin (17/10/2022).


MALANG - Banjir bandang luapan Sungai Pangaluran, Kabupaten Malang merendam ratusan rumah warga di dua desa di wilayah Kecamatan Sitiarjo. Banjir bahkan dilaporkan menggenangi rumah dan sejumlah fasilitas umum hingga setinggi 2 meter, hingga satu dusun terisolasi. 


Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Malang Sadono Irawan membenarkan bahwa banjir yang terjadi sampai ketinggian lebih dari dua meter. Titik terparah berada di Dusun Rowotrate, Desa Sitiarjo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan. Sedangkan di Dusun Krajan Kulon, Krajan Tengah, dan Krajan Wetan, sudah berangsur-angsur surut, sebagaimana dikutip iNews.id.


"Teman-teman bergeser ke Rowotrate untuk evakuasi yang di sana. Paling parah Rowotrate," kata Sadono Irawan saat dikonfirmasi MPI, pada Senin sore (17/10/2022).


Total ada sekitar 170 kepala keluarga yang terdampak banjir terparah di Dusun Rowotrate, Desa Sitiarjo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan. Namun mayoritas para warga masih bertahan di rumahnya. Hal inilah yang menyebabkan tim BPBD dibantu sejumlah stakeholder terkait menuju lokasi terparah banjir.


"Kalau posko pengungsian belum ada, masih kita ungsikan di rumah warga terdekat yang lebih aman dan keluarga," tuturnya.


Sadono menuturkan, banjir itu diakibatkan curah hujan yang deras sejak Minggu malam hingga Senin pagi tadi. Bahkan dari laporan yang didapat curah hujan masih turun di lokasi, dengan dampak lokasi yang tergenang air lebih luas.


"Penyebabnya masih sama, curah hujan sangat tinggi dan pasang tinggi laut. Ini lebih tinggi dan lebih luas. Jumlah KK terdampak, yang pasti lebih tinggi dari yang kemarin, lebih dari 500 KK," tuturnya.


Sadono menambahkan, hingga Senin sore, total ada lima titik lokasi banjir yang ada di Kabupaten Malang. Dua titik terjadi banjir bandang di Desa Lebakharjo, Kecamatan Ampelgading, Desa Purwodadi dan Desa Pujiharjo, Kecamatan Tirtoyudo. Sedangkan tiga titik lainnya mengalami banjir dengan ketinggian bervariasi.


"Tiga titik ini yakni Desa Sitiarjo, Desa Sidoasri, dan Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Desa Sumbermanjing Kulon, Kecamatan Pagak, serta satu desa di Kecamatan Donomulyo, yakni Desa Sumberoto. Sementara laporannya tidak ada korban jiwa," katanya. (*)