Sah, Vladimir Putin Teken UU Bergabungnya 4 Wilayah Ukraina ke Rusia -->

Iklan Atas

Sah, Vladimir Putin Teken UU Bergabungnya 4 Wilayah Ukraina ke Rusia

Rabu, 05 Oktober 2022

Vladimir Putin


KIEV - Presiden Rusia Vladimir Putin meresmikan bergabungnya empat wilayah Ukraina, Rabu (5/10/2022). Putin menandatangani undang-undang (UU) dari parlemen yang secara resmi menggabungkan empat wilayah, yakni Donetsk, Luhansk, Kherson, dan Zaporizhzhia, ke wilayah Rusia. 


Keempat wilayah yang dicaplok itu memiliki luas 18 persen dari total Ukraina. Penandatanganan dokumen bergabungnya keempat wilayah tersebut merupakan tahap akhir dari proses di legislatif, yakni majelis rendah Duma dan majelis tinggi,sebagaimana dikutip iNews.id.


Ukraina tak mengakui pencaplokan wilayahnya dengan mengatakan apa yang dilakukan Rusia itu sebagai perampasan ilegal. Militer Ukraina bertekad merebut kembali wilayah-wilayah yang dikuasai pasukan Rusia. 


Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky, dalam pesan videonya pada Selasa malam, mengatakan tentaranya meraih kemajuan pesar dalam melawan pasukan Rusia sepekan terakhir. Dia mengklaim belasan kota di wilayah selatan dan timur telah direbut kembali.


"Minggu ini saja, sejak referendum semu Rusia, belasan pusat populasi telah dibebaskan. Semuanya berada di wilayah Kherson, Kharkiv, Luhansk, dan Donetsk," kata Zelensky. Dia menambahkan, delapan kota kecil di Kherson direbut baru-baru ini.


Rusia belum sepenuhnya mengendalikan satu dari empat wilayah tersebut. Sebagian kecil Luhansk masih dikuasai Ukraina. Selain itu sekitar 40 persen wilayah Donetsk masih dalam penguasaan Ukraina. Demikian pula di Kherson dan Zaporizhzhia.(*)