Sawahlunto Punya Potensi Pariwisata, Andre Rosiade; "Akses Jalan Masuk Sulit" -->

Sawahlunto Punya Potensi Pariwisata, Andre Rosiade; "Akses Jalan Masuk Sulit"

Selasa, 04 Oktober 2022
Anggota DPR RI Andre Rosiade didampingi Ketua DPRD Sawahlunto Eka Wahyu dan Vice President PT KAI Divre II Sumbar M. Arie Fathurrochman saat menjawab pertanyaan wartawan usai meninjau lokasi Mak Itam.


Sawahlunto, fajarsumbar.com - "Kami melihat, memang kondisi Sawahlunto saat ini punya potensi, terutama pariwisata, tapi kendala Kota Sawahlunto adalah akses jalan yang sulit untuk masuk ke Sawahlunto, betul," ungkap Andre Rosiade, Anggota DPR RI dari Partai Gerindra yang juga diakui oleh masyarakat yang hadir di Gedung Pertemuan Masyarakat (GPM) Desa Kumbayau, Kecamatan Talawi, Selasa (4/10/2022). 


Tentu, sambung Andre, harus ada terobosan. Bagaimana masuk dari jalan lintas Padang-Sawahlunto itu harus ada flyover untuk bisa mobil-mobil yang lebar, mobil-mobil besar dan bus-bus pariwisata bisa masuk. Karena kesulitan jalannya, termasuk jalan dari Batusangkar butuh jalan yang lebar. 


"InsyaAllah bapak ibu sekalian, kami ingin menyampaikan, kalau kami ditugaskan nanti oleh Pak Prabowo Subianto untuk kebutuhan masyarakat Sumatera Barat dan memberikan kepercayaan kepada kami nanti di September 2024 untuk menjadi Gubernur Sumatera Barat. Dua hal yang menjadi persoalan untuk Kota Sawahlunto, kita akan tuntaskan dalam 5 tahun pertama," janji Andre Rosiade selaku Ketua DPD Gerindra Sumatera Barat diiringi tepuk tangan masyarakat yang hadir. 


Sebelumnya Andre Rosiade beserta rombongan singgah dikediaman Haji Idris pengusaha tambang batu bara Kota Sawahlunto untuk menjalin silaturahmi didampingi oleh Mantan Wakil Walikota Sawahlunto periode 2013-2018 Ismet dan Ketua DPC Gerindra Sawahlunto Haji Darson serta Adepron Anggota DPRD Kota Sawahlunto Fraksi Gerindra. 


Kembali ke GPM, kedatangan Andre Rosiade beserta rombongan dalam rangka sosialisasi dan silaturahmi dengan kelompok tani Kota Sawahlunto sembari membawa puluhan proposal dari kelompok tani yang berada di Kota Sawahlunto. 


"Jadi kendala Sawahlunto adalah akses jalan. Jadi, tentu ini kami sebagai anggota DPR RI punya keterbatasan. Ini adalah kerjaannya pak gubernur seharusnya. Jadi kalau kami ditugaskan dan dipercaya oleh masyarakat Sumatera Barat dan masyarakat Sawahlunto untuk menjadi Gubernur Sumatera Barat. InsyaAllah, jalan masuk ke Kota Sawahlunto kita tuntaskan dan kita bereskan," beber Andre diamini oleh masyarakat yang turut didampingi oleh Ketua DPRD Kota Sawahlunto Eka Wahyu. 


Mak Itam jalan, pasar Silungkang sedang dibereskan, termasuk Jembatan dan KONI juga dibantu. Ada satu sekolah SDIT juga dibantu. "Memang belum banyak bantuan kami untuk Sawahlunto. Tapi, InsyaAllah ibu bapak, rumah sakit juga kita bantu kemaren, termasuk fasilitasi Bapak Walikota Sawahlunto ke Menteri Kesehatan, Alhamdulillah Rp10 Milyar. Dari Menteri Pariwisata juga dapat dan untuk Mak Itam juga kita fasilitasi sehingga Rp25 Milyar dikucurkan dari Sawahlunto ke Muaro Kalaban," tandasnya. (ton)