Sosialisasi dan Penyerahan Bantuan Bibit Ikan Lewat Pokir Arkadius Dt Intan Bano -->

Sosialisasi dan Penyerahan Bantuan Bibit Ikan Lewat Pokir Arkadius Dt Intan Bano

Kamis, 27 Oktober 2022

Arkadius Dt Intan Bano foto bersama dengan kelompok penerima manfaat bibit ikan, di Bendungan Jorong Bukik Gombak, Kamis (27/10) 

 

Tanah Datar, fajarsumbar.com - Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) adakan Sosialisasi dan Penyerahan Bibit Ikan untuk perairan umum atau lubuk larangan, yang bekerjasama dengan Anggota DPRD Provinsi Sumbar Arkadius Dt Intan Bano, lewat dana Pokirnya, di Bendungan Jorong Bukik Gombak, Nagari Baringin, Kecamatan Lima Kaum, Tanah Datar, Kamis (27/10/22). 


Anggota DPRD Sumbar Arkadius Dt Intan Bano, kepada kelompok masyarakat penerima manfaat bantuan bibit ikan saat itu menyebutkan, bahwa ia akan selalu berupaya membantu masyarakat dengan berbagai jenis bantuan, dan melalui Dinas yang ada di tingkat Provinsi, termasuk bantuan bibit ikan untuk budidaya ikan air tawar yang dilaksanakan saat ini.


Arkadius tambahkan, pada tahun 2023 nanti juga akan dianggarkan satu juta benih ikan di Tanah Datar, sesuai program unggulan daerah untuk memajukan bidang pertanian. 


"Kami dari Provinsi mengupayakan bagaimana mendorong, dan merealisasikan progul tersebut secara maksimal, sebagian ada yang bisa dari anggaran Provinsi. Mengingat besarnya persentase masyarakat Tanah Datar, yang berusaha pada bidang pertanian," kata Arkadius Dt Intan Bano, yang maju caleg DPR RI tahun 2024


Sementara itu, Kepala Bidang Budidaya Perikanan Dinas Kelautan dan Perikanan Sumbar Noviyanti menyebutkan, penyebaran bibit ikan itu rutin kami lakukan setiap tahun, di perairan umum atau lubuk larangan. Dengan itu kami mengucapkan apresiasi dan terimakasih banyak kepada Bapak Arkadius Dt Intan Bano, yang telah mengalokasikan dana Pokirnya untuk kegiatan kita ini. 


"Dimana Tanah Datar ada 10 kelompok penerima bantuan dari Pokir Bapak Arkadius, Alhamdulillah 10 kelompok penerima telah hadir bersama kita. Dan setelah sosialisasi ini, akan kita lanjutkan dengan penebaran benih ikan untuk tiga kelompok yang ada di Nagari Baringin. Sedangkan untuk kelompok lainnya sedang kami jadwalkan," sampai Kabid Novy. 


Kepala Bidang Perikanan Dinas Pangan dan Perikanan Tanah Datar Mayretmi menyebutkan, perairan umum dapat dimanfaatkan oleh semua masyarakat, di antaranya lubuk larangan, irigasi, embung, sungai dan danau. "Kelomlok boleh bersepakat akan diapakan bibit tersebut. Jika sudah berkembangbiak dan ukurannya sudah besar boleh dipanen," katanya.


Dikatakan, pada 2022 ini di Tanah Datar telah disebarkan benih ikan 200 ribu lebih, di antara 79 ribu bibit nila dan beberapa jenis ikan lainnya termasuk, garing dan baung.


"Terimakasih Bapak Arkadius yang telah menggandeng Dinas Kelautan dan Perikanan, dalam menyebarkan bibit ikan disini, masing-masing kelompok dari 10 kelompok penerima manfaat, akan menerima maksimal 10 ribu ekor bibit ikan berbagai jenis," ucapnya. (F12)