Takut Dibantai Timnas Indonesia, PSSI-nya Thailand Minta Laga Piala AFF 2022 di SUGBK Digelar Tanpa Penonton! -->

Takut Dibantai Timnas Indonesia, PSSI-nya Thailand Minta Laga Piala AFF 2022 di SUGBK Digelar Tanpa Penonton!

Selasa, 11 Oktober 2022

 

Timnas Indonesia bakal menjamu Thailand di SUGBK pada ajang Piala AFF 2022.



PSSI-nya Thailand (FAT) mendorong Federasi Sepakbola Asia Tenggara (AFF) supaya laga Timnas Indonesia vs Thailand di matchday ketiga Grup A Piala AFF 2022 yang berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) dilangsungkan tanpa penonton. Alasan FAT mengajukan hal di atas karena khawatir terjadinya insiden serupa di Stadion Kanjuruhan.


Sekadar diketahui, Timnas Indonesia dan Thailand berada di grup yang sama di Piala AFF 2022. Kedua tim tergabung di Grup A bersama Kamboja, Filipina dan pemenang playoff yang mempertemukan Brunei Darussalam dan Timor Leste.


Format Piala AFF 2022 persis seperti Piala AFF 2018. Nantinya, masing-masing tim akan melangsungkan dua laga kandang dan tandang,sebagaimana dikutip Okezone.com.


Untung bagi Timnas Indonesia, laga kontra Thailand digelar di kandang sendiri. Timnas Indonesia berpotensi besar berkandang di SUGBK pada gelaran Piala AFF 2022.


Namun, jauh sebelum pertandingan digelar, FAT sudah mendorong AFF agar seluruh laga kandang Timnas Indonesia digelar tanpa penonton. Hal itu termasuk laga Timnas Indonesia vs Thailand di SUGBK pada Kamis, 29 Desember 2022.


“FAT tidak berhak memutuskan apakah Thailand bakal melangsungkan pertandingan di Indonesia atau tidak. Kamu masih menunggu keputusan AFF,” kata Sekjen FAT, Patit Suphaphong, mengutip dari The Thao 247.


“FAT ingin laga antara Timnas Indonesia vs Thailand digelar tanpa penonton. Sebelumnya, Kualifikasi Piala Asia U-17 2023 di Indonesia dilangsungkan tanpa penonton. Satu hal yang pasti, Thailand masih menunggu keputusan selanjutnya,” lanjut Patit Suphaphong.


Tak heran PSSI mengajukan laga digelar tanpa penonton. Selain alasan keamanan, dukungan masif dari suporter Timnas Indonesia diprediksi bakal menurunkan mental Teerasil Dangda dan kawan-kawan.


Terlebih di Piala AFF 2022, Thailand takkan diperkuat sang pemain andalan, Chanathip Songkrasin. Di saat bersamaan, Timnas Indonesia semakin kuat karena bakal dibela sejumlah pemain naturalisasi seperti Jordi Amat dan Shayne Pattynama.


Peluang Jordi Amat dan Shayne Pattynama membela Timnas Indonesia di Piala AFF 2022 sangat besar. Sebab, selain proses naturalisasi keduanya segera rampung, klub yang menaungi Jordi Amat dan Shayne Pattynama juga sudah tak melakoni pertandingan pada Desember 2022 hingga awal Januari 2023.(*)