Tangkal Kemiskinan Ekstrim, Pj. Wali Kota Payakumbuh Ajak Warga Peduli Warga Kurang Mampu -->

Tangkal Kemiskinan Ekstrim, Pj. Wali Kota Payakumbuh Ajak Warga Peduli Warga Kurang Mampu

Minggu, 09 Oktober 2022
Dafrul Pasi


Payakumbuh, fajarsumbar.com — Pj. Walikota Payakumbuh Rida hadiri acara tablig akbar dalam rangka peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1444 Hijriah pada Ahad pagi, 9 Oktober 2022 bertempat di Masjid Baitussalam Kelurahan Kapalo Koto Dibalai. Tablig akbar yang dihelat Forum Kelompok (FK) Yasin Kota Payakumbuh itu mendatangkan penceramah Buya Drs. H. Zakaria Khatib dari Kementrian Agama Kabupaten Lima Puluh Kota. 

 

Pj. Walikota Payakumbuh yang diwakili Plt. Sekretaris Daerah Dafrul Pasi S.IP MM dalam sambutannya menyampaikan jika semua keteladanan Nabi Muhammad SAW harus bisa diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. 


Pada kesempatan tersebut, Dafrul turut mengingatkan bahwa pentingnya menjaga sholat untuk membentuk kepribadian kaum muslim yang bisa membina dan membangun hubungan vertikal yakni hablum minallah, dan hubungan horizontal hablum minannas,” tuturnya.

 

Lebih lanjut, Dafrul juga menyampaikan tentang program pemerintah dalam penanganan kemiskinan ektrim, perlu keterlibatan semua komponen masyarakat. Hal ini imbas dari bencana wabah Covid-19 dan kenaikan harga BBM saat ini yang tentu sangat berpengaruh terhadap perekonomian masyarakat kita,” ungkapnya.


“Menurut data BPS, angka kemiskinan di kota Payakumbuh berada pada angka 6,3 persen. Mari untuk masyarakat pada golongan yang mampu agar turut mengulurkan tangan untuk saling berbagi dan saling bergandeng tangan, insyaallah warga yang tergolong miskin di kota Payakumbuh bisa kita kurangi secara bersama-sama” lanjut Dafrul.

 

Sejalan dengan program pemerintah kota Payakumbuh, Ketua Kelompok Yasin Kota Payakumbuh Hj. Zamnina, M.Pd menyampaikan bahwa FK Yasin sebelumnya sudah menjalankan program bantuan Sembako terhadap anggota kelompok Yasin yang kurang mampu, dan program ini sudah berjalan selama 13 bulan. 


Dan pada bulan Oktober ini, Zamnina katakan juga akan ada program baru berupa pemberian beasiswa bagi siswa kurang mampu. 


“Hari ini bantuan yang diberikan berupa 38 Paket Sembako di Kecamatan Payakumbuh Utara dan 2 paket Beasiswa senilai masing masing 500 Ribu Rupiah. Paket sembako berisi 10 kilogram Beras, 2 kilogram Minyak Goreng, 1 Lapiak Telur ayam, 1 kilogram Gula dan 2 Kotak Teh. Untuk bantuan beasiswa diterima oleh ananda Nadya Zahara siswi SMP 1 Payakumbuh dan ananda Eksel Renggio Satria siswa MtsN 2 Payakumbuh,” ungkap Zamnina.

 

Terkait dengan telah bergulirnya bantuan yang dilaksanakan FK Yasin Kota Payakumbuh, Zamnina menjelaskan bahwa bantuan program yang disalurkan berawal dari program S3 (Sedekah Seribu Sehari) yang dikumpulkan dari jamaah Yasin yang mampu, untuk diberikan kepada jamaah yang kurang mampu. 


“Dari Muzakki kepada Mustahik. Setiap bulan dilaksanakan penyerahan bantuan perkecamatan. Sedangkan program beasiswa yang di Launching hari ini akan tetap dilanjutkan oleh pengurus FK yasin dengan mencari donatur dan sumbagan dari para dermawan,” ungkapnya semangat.


Sementara itu, dalam Tausiah yang disampaikan Buya Zakaria, Khatib berpesan jika umat-Nya perlu dan harus meneladani atas sikap maupun sifat Nabi Muhammad SAW yang telah diutus Alloh SWT untuk menjadi Uswatun Hasanah bagi semua umat manusia. 


“Nabi Muhammad ialah pemimpin di segala situasi, baik di medan perang, pemerintahan, urusan sosial, perekonomian, dan semua aspek kehidupan. Beliau adalah contoh paripurna dalam menjalani kehidupan,” pesan Buya Zakaria pada kesempatan tablig akbar tersebut.


Dipadati oleh jemaah FK Yasin kota Payakumbuh, dalam kesempatan tablig akbar tersebut juga tampak juga hadir dari Kabag Kesra Setdako Payakumbuh Efrizal, S.Sos, Kepala KUA Payakumbuh Utara Asrul, S.Ag, dan Lurah Kapalo Koto Dibalai Candra Januardi, S.IP.(ul)