Tiket Kereta Cepat Jakarta-Bandung Dibanderol Rp150.000- Rp300.000, Begini Pemasarannya -->

Tiket Kereta Cepat Jakarta-Bandung Dibanderol Rp150.000- Rp300.000, Begini Pemasarannya

Minggu, 16 Oktober 2022

Interior Kereta Cepat Jakarta-Bandung yang mengaplikasikan corak batik Megamendung khas Jawa Barat. 



JAKARTA - Tiket Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) bakal dibanderol sebesar Rp150.000-Rp300.000. KCJB ditargetkan mulai dioperasikan secara komersil pada pertengahan 2023. 


"Lebih kurang akan ada di range harga Rp150.000-Rp300.000(tiket KCJB)," ujar Rahadian Ratry, Corporate Secretary PT Kereta Cepat Indonesia-China (KCIC) selaku pengelola KCJB, saat dihubungi MNC Portal, Minggu (16/10/2022), sebagaimana dikutip iNews.id.


Menurut dia, rencananya harga tiket di kisaran Rp150.000 hingga Rp300.000 tersebut disesuaikan denga beberapa kelas yang disiapkan. 


Adapun untuk pemasaran tiket tersebut, rencananya akan dijual secara offline maupun online yang terintegrasi dengan aplikasi KAI Acces maupun dijual melalui online travel agent (OTA).


"Mengenai pembelian tiket, di area stasiun atau secara offline akan kami sediakan ticket vending machine yang disertai dengan pendamping (assistant) untuk mendukung kemudahan pembelian tiket bagi berbagai kalangan," ungkap Rahadian.


Disamping itu, KCIC juga bakal menyediakan aplikasi khusus untuk pembelian tiket kereta garapan Indonesia-China tersebut, diharapkan bisa memudahkan masyarakat untuk memperoleh tiket.


"Kemudian tiket juga bisa dibeli melalui situs resmi dan mobile app kereta cepat Jakarta-Bandung. Di sisi lain, kami juga berkerja sama dengan online travel agent (OTA) termasuk KAI Access di dalamnya," kata Rahdian.


Adapun Kereta Cepat diharapkan bakal memangkas banyak waktu untuk perjalanan ke Bandung menggunakan moda transportasi ini. Proyek ini merupakan Kerjasama antara BUMN China dan Indonesia dengan nilai proyek Rp85,41 tirliun.


Proyek tersebut masuk dalam Proyek Strategis Nasional (PSN) yang memiliki panjang trase 142,3 km, dengan tipe struktur elevated sepanjang 82,7 km dan sisanya berupa 13 tunnel dan subgrade.


Kereta Cepat Jakarta-Bandung ini memiliki empat stasiun perhentian di sepanjang lintasan, yaitu Stasiun Halim (Jakarta), Stasiun Karawang, Stasiun Padalarang, dan Stasiun Tegalluar (Bandung).(*)