Tim Samsat Batusangkar Sosialisasikan Program 5 Untung -->

Tim Samsat Batusangkar Sosialisasikan Program 5 Untung

Rabu, 05 Oktober 2022
.


Batusangkar - Bertempat di Kantor Kecamatan Salimpaung Kab. Tanah Datar Samsat Batusangkar lakukan sosialisasi program “5 Untung” berupa keringanan Pajak Kendaraan Bermotor  dan UU No. 22 Tahun 2009 pasal 74 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, Selasa (4/10). 


Sosialisasi disampaikan oleh Tim Samsat Batusangkar yaitu Akhmad Jasmen Kepala UPTD  Samsat Batusangkar, Rido Kanit Kegident Polres Tanah Datar dan Riki Dedi Chandra Penanggung Jawab Jasa Raharja Samsat Batungsangkar kepada para aparatur pemerintah nagari/desa dan jorong se Kecamatan Salimpaung yang hadir dalam kesempatan tersebut. 


Program 5 untung yang diberikan oleh Pemerintah Provinsi Sumatera Barat berdasarkan Pergub No. 31 Tahun 2022 berupa diskon pajak kendaraan bermotor, bebas denda pajak kendaraan bermotor, bebas bea balik nama kendaraan bermotor, bebas denda bea balik nama kendaraan bermotor serta bebas pajak progresif atas kepemilikan satu keluarga. 


Akhmad menyampaikan, pada Program yang diberikan berdasarkan Pergub No. 31 Tahun 2022 kali ini banyak keuntungan yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat, seperti diskon pajak contohnya kendaraan yang telah mati pajak 3 tahun atau lebih maka cukup hanya membayar 2 tahun saja. Yaitu 1 tahun untuk pajak yang tertunggak dan 1 tahun kedepan.


Rido menjelaskan, bagi pemilik kendaraan yang tidak melakukan registrasi ulang 2 tahun berturut-turut setelah habis masa berlaku STNK akan dilakukan penghapusan registrasi dan identifikasi kendaraan bermotor serta tidak dapat di registrasi kembali. Agar data kendaraan tidak dihapus, maka segera manfaatkan program 5 Untung ini.


Pada kesempatan ini Riki Penanggung Jawab Samsat Batusangkar juga menyampaikan tentang Peran dan Fungsi Jasa Raharja serta manfaat SWDKLLJ sebagai Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan. 


“Kami terus melakukan giat sosialisasi hingga ke nagari-nagari dan jorong. Agar masyarakat mengetahui program ini dan dapat memanfaatkannya dengan segera. Karena diskon ini hanya berlaku hingga 12 November 2022. Segera kunjungi kantor Samsat terdekat,” tutup Riki. (jr)