Tragedi Kanjuruhan, Komnas HAM Sebut Hanya 2 Pintu Keluar yang Terbuka saat Kerusuhan -->

Tragedi Kanjuruhan, Komnas HAM Sebut Hanya 2 Pintu Keluar yang Terbuka saat Kerusuhan

Senin, 03 Oktober 2022

 

Komisioner Komnas HAM, Choirul Anam 



JAKARTA - Komisioner Komnas HAM, Chairul Anam menyatakan hanya dua pintu yang terbuka dari 14 pintu saat kejadian tragedi berdarah di Stadion Kanjuruhan, Kota Malang, Jawa Timur.


Anam telah melakukan komunikasi dengan sejumlah pihak terkait dalam kejadian tersebut baik dari unsur supporter, keluarga korban hingga rumah sakit.


"Kami anatomi dari Stadion Kanjuruhan. Nanti seperti apa. Cuma dua pintu terbuka, hiruk pikuknya di pintu yang sama," ujarnya kepada wartawan, Senin (3/10/2022),sebagaimana dikutip Okezone.com.


Kendati demikian, pihaknya masih mendalami lokasi sebagian besar korban yang meninggal dunia.


Selain itu juga, insiden kekerasan oleh aparat pada saat kejadian juga dapat dilihat dari tayangan video.


"Kami akan cek penggunaan level manajemen, pengerasan pasukan seperti apa, sampai misalnya itu tidak diselenggarakan sore hari," tegasnya.


Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy melaporkan total korban meninggal dan luka-luka akibat tragedi kerusuhan sepak bola di Stadion Kanjuruhan Malang, Jawa Timur sebanyak 448 orang.


"Saya ingin sampaikan tentang hasil terakhir tentang (jumlah) korban. Ini hasil terakhir tentang korban, sekali lagi ini hasil akhir tentang korban yang sudah diverifikasi oleh semua pihak termasuk dari pihak Polri, rumah sakit, maupun dari pihak penyelenggara yaitu jumlah korban semuanya adalah 448 (orang),” ungkap Muhadjir dikutip dalam keterangannya, Senin (3/10/2022).


Muhadjir merinci dari total 448 korban tersebut tercatat sebanyak 302 orang luka ringan, luka berat sebanyak 21 orang, dan meninggal dunia sebanyak 125 orang.(*)