Turki Diam-diam Kembangkan Rudal Balistik, Diuji Coba Hantam Target 560 Km dalam 7 Menit -->

Turki Diam-diam Kembangkan Rudal Balistik, Diuji Coba Hantam Target 560 Km dalam 7 Menit

Rabu, 19 Oktober 2022

Turki menguji coba rudal balistik jarak pendek Tayfun.


MOSKOW - Turki diam-diam mengembangkan rudal balistik jarak dekat (SRBM) buatan dalam negeri bahkan sudah diuji coba. Peluncuran dilakukan pada Selasa (18/10/2022) ke Laut Hitam. Uji coba ini cukup mengejutkan karena Turki selama ini mengandalkan rudal serang maupun pertahanan dari luar negeri, termasuk Rusia.


Dilaporkan Bloomberg, mengutip dua orang sumber, rudal tersebut ditembakkan dari kendaraan di pelabuhan Kota Rize. Peluncuran dilakukan sekitar pukul 07.00 waktu setempat. 


Sumber tersebut mengatakan, rudal menjangkau target berjarak 561 kilometer di lepas pantai Sinop dalam waktu 458 detik atau 7 menit lebih. Dia mengatakan itu merupakan capaian jarak terjauh yang berhasil dijangkau rudal buatan Turki sejauh ini,sebagaimana dikutip iNews.id.


Beberapa video detik-detik peluncuran juga dibagikan media Turki. Disebutkan rudal itu diberi nama Tayfun yang dikembangkan produsen senjata dan kontraktor pertahanan Roketsan. Perusahaan berkantor pusat di Ankara itu juga memasok rudal J600T YILDIRIM dan rudal balistik BORA ke militer Turki. Kedua rudal memiliki jangkauan masing-masing 150 dan 280 km.


Badan Industri Pertahanan Turki, organisasi didirikan pemerintah untuk menangani industri pertahanan, enggan membeberkan informasi soal rudal yang diuji coba tersebut. Namun dari jenisnya yakni SRBM, Tayfun seharusnya bisa menjangkau target maksimal 1.000 km di darat maupun laut.(*)