Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Lima Puluh Kota -->

Iklan Atas

Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Lima Puluh Kota

Minggu, 02 Oktober 2022
.


Limapuluh Kota, fajarsumbar.com — Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober berlangsung khidmat di Limapuluh Kota. Bertindak selaku Inspektur Upacara Sekretaris Daerah Limapuluh Kota Widya Putra. Pelaksanaan upacara ditandai dengan pengibaran Sang Merah Putih setiang penuh diikuti oleh barisan Aparatur Sipil Negara lingkup Pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota, kalangan pelajar dan siswa serta Pramuka. 


Upacara Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober 2022 berlangsung di Halaman Kantor Bupati Limapuluh Kota di Sarilamak, Sabtu (01/10/2022).


“Alhamdullilah, kita telah dapat melaksanakan Upacara Hari Kesaktian Pancasila dengan lancar dan penuh khidmat,” ucap Sekretaris Daerah Widya Putra selepas upacara kepada Tim Kominfo. Turut mendampingi Sekda Widya Putra pada upacara, Asisten Bidang Pemerintahan Herman Azmar, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Indrawati serta para kepala perangkat daerah lainnya di jajaran Pemkab Limapuluh Kota.


Peringatan Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober 2022 mengusung tema "Bangkit Bergerak Bersama Pancasila", sementara pedoman pelaksanaan upacara berlandaskan kepada Surat Edaran Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 59868/MPK.F/TU.02.03/2022.  Hari Kesaktian Pancasila jatuh setiap tanggal 1 Oktober. Peringatan ini dilakukan sehari setelah peringatan pemberontakan Gerakan 30 September atau G30S PKI yang terjadi pada 1965. Para tokoh yang gugur dalam peristiwa tersebut kemudian ditetapkan sebagai Pahlawan Revolusi dan memperoleh kenaikan pangkat serta pangkat anumerta.


Anumerta adalah penghargaan yang diberikan kepada anggota angkatan bersenjata atau pegawai negeri sipil yang gugur dalam menjalankan tugas.


Pada tata pelaksanaan upacara selain mengheningkan cipta untuk arwah para pahlawan bangsa yang telah gugur, juga dibacakan Teks  Pancasila dan Teks Pembukaan UUD’1945. Sebagaimana jamaknya pelaksanaan Upacara Hari Kesaktian Pancasila setiap tanggal 1 Oktober, maka kembali diperdengarkan Ikrar Hari Kesaktian Pancasila. Adapun Ikrar Hari Kesaktian Pancasila 2022 mengacu kepada pedoman  Kemdikbud berikut adalah:

IKRAR

Dengan Rahmat Tuhan Yang Maha Esa, kami yang melakukan upacara ini menyadari sepenuhnya : bahwa sejak diproklamasikan Kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945 pada kenyataannya telah banyak terjadi rongrongan baik dari dalam negeri maupun luar negeri terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia : bahwa rongrongan tersebut dimungkinkan oleh karena kelengahan, kekurangwaspadaan Bangsa Indonesia terhadap kegiatan yang berupaya untuk menumbangkan Pancasila sebagai Ideologi Negara; bahwa dengan semangat kebersamaan yang dilandasi oleh nilai-nilai luhur ideologi Pancasila, Bangsa Indonesia tetap dapat memperkokoh tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia; maka di hadapan Tuhan Yang Maha Esa dalam memperingati Hari Kesaktian Pancasila, kami amembulatkan tekad untuk tetap mempertahankan dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila sebagai sumber kekuatan menggalang kebersamaan untuk memperjuangkan, menegakkan kebenaran dan keadilan demi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia._


Sementara, penyelenggaraan Upacara Hari Kesaktian Pancasila di tingkat pusat bertindak selaku Inspektur Upacara Presiden RI Joko Widodo. Ucapara ini dihadiri oleh jajaran pejabat tinggi pemerintahan Indonesia.


Penyelenggaraan upacara di tingkat pusat dilaksanakan pada Sabtu, 1 Oktober 2022 pukul 08.00-08.31 WIB di Monumen Pancasila Sakti, Jalan Raya Pondok Gede, Lubang Buaya, Jakarta Timur.(ul)