Walau Gerimis, Peringatan Hari Santri Tetap Lancar -->

Iklan Atas

Walau Gerimis, Peringatan Hari Santri Tetap Lancar

Sabtu, 22 Oktober 2022
Peringatan Hari Santri di Padang Panjang.


Padang Panjang, fajarsumbar.com - Meski diiringi gerimis, upacara peringatan Hari Santri VIII-2022 di Kota Padang Panjang tetap berlangsung lancar dan sukses di halaman Pesantren Terpadu Serambi Mekkah, Sabtu (22/10).


Bertindak selaku inspektur upacara, Wakil Walikota, Drs. Asrul, diikuti Forkopimda, kepala Kantor Kemenag, santriwan dan santriwati serta undangan lainnya.


Hari Santri merupakan sebagai momentum mengingat dan mengenang jasa para santri yang sudah berjuang untuk menegakkan kemerdekaan Republik Indonesia.


Wawako Asrul membacakan amanat Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas menyebutkan, tema Hari Santri kali ini adalah "Berdaya Menjaga Martabat Kemanusiaan". Maksudnya, santri dalam  kesejarahannya selalu terlibat aktif dalam setiap fase perjalanan Indonesia. 


"Ketika Indonesia memanggil, santri tidak pernah mengatakan tidak. Santri dengan berbagai latar belakangnya siap sedia mendarmabaktikan hidupnya untuk bangsa dan negara. Dulu, ketika Indonesia masih dijajah, para santri turun ke medan laga, berperang melawan penjajah," sampainya.


Ditambahkan, meski bisa menjadi apa saja, santri tidak melupakan tugas utamanya, yaitu menjaga agama. Santri selalu mengedepankan nilai-nilai agama dalam setiap perilakunya. Bagi santri, agama adalah mata air yang selalu mengalirkan inspirasi-inspirasi untuk menjaga dan menjunjung tinggi martabat kemanusiaan.


"Melalui momentum ini, mari kita bersama-sama mendoakan para pahlawan terutama dari kalangan ulama, kiai, santri yang telah syahid di medan perang demi kemaslahatan bangsa dan agama. Mari kita kepalkan tangan dan teriakkan Hari Santri 2022, Berdaya Menjaga Martabat Kemanusiaan," tutupnya. (syam)