Wamenaker RI Hadiri Festival Jelajah Pesona Wisata Alam Pagaruyung dan Dibuka Bupati Eka Putra -->

Wamenaker RI Hadiri Festival Jelajah Pesona Wisata Alam Pagaruyung dan Dibuka Bupati Eka Putra

Minggu, 02 Oktober 2022

Bupati Eka Putra bersama Wamenaker dan Forkopimda menabuh gendang tanda dibukanya Festival Jelajah Pesona Wisata Alam Pagaruyung


Tanah Datar, fajarsumbar.com - Wakil Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia (Wamenaker RI) Afriansyah Noor menghadiri Festival Jelajah Pesona Wisata Alam Pagaruyung, yang dilaksanakan di lingkungan Kantor Wali Nagari Pagaruyung, Kecamatan Tanjung Emas, Sabtu (1/10/22). 


Pada kesempatan tersebut, Wamenaker Afriansyah Noor mengatakan, mendukung pelaksanaan Satu Nagari Satu Event yang merupakan Program Unggulan (Progul) Kabupaten Tanah Datar, dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat.


"Semoga event pariwisata ini dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat, terutama masyarakat yang betul-betul hidup di dunia pariwisata. Pariwisatanya hidup, serapan tenaga kerja juga hidup, serta mengangkat kesejahteraan masyarakat," kata Wamenaker yang merupakan putra Nagari Pagaruyung. 


Wamenaker katakan lagi, dengan kegiatan yang dilaksanakan pemerintah Kabupaten Tanah Datar, serta melandainya kasus Covid-19, ekonomi masyarakat bisa bangkit kembali dan menjadikan Tanah Datar menjadi ikon wisata Indonesia, khususnya Sumatera Barat.


Wamenaker juga mendukung Bupati Tanah Datar, dalam penyelenggaraan Satu Nagari Satu Event dari 15 Nagari tahun ini, menjadi 40 Nagari pada tahun depan. "Saya memberikan aplaus kepada Pemkab Tanah Datar karena berhasil membangun kembali ekonomi masyarakat, terutama pasca pandemi Covid-19 melandai, yang membuat ekonomi di Indonesia bahkan dunia mati bahkan lumpuh total," katanya.


Wamenaker mengaku, dalam penyerapan ketenagakerjaan di Indonesia khususnya di Kabupaten Tanah Datar, kedepannya akan memperjuangkannya, baik berupa pelatihan maupun mendirikan sarana prasarana lainnya. "InsyaAllah kedepannya untuk lapangan kerja di Indonesia, khusus di Tanah Datar saya akan memperjuangkannya, juga dibangun Balai Latihan Kerja (BLK) baik itu BLK Pertanian di beberpa titik di Tanah Datar ini," ujarnya.


Sementara itu, Bupati Tanah Datar Eka Putra dalam sambutannya sampaikan, Pemerintah Tanah Datar telah menetapkan pariwisata disektor unggulan, dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat.


"Karena melalui dunia pariwisata, akan banyak menimbulkan efek dan dampak positif bagi masyarakat setempat, diantaranya sektor pariwisata akan maju, industri kecil menengah, perdagangan, transportasi, dan membuka lapangan kerja lainnya," sampai Eka Putra. 


Bupati tambahkan, salah satu program kerja di sektor pariwisata adalah Satu Nagari Satu Event, yang mana setiap Nagari mempunyai nilai pariwisata yang tinggi dan diminati pengunjung. "Salah satu tujuannya yaitunya akan memacu aktifnya sanggar-sanggar, olahraga, UMKM, dan kearifan lokal di nagari di Tanah Datar ini," pungkasnya.


Pada pelaksanaan event Jelajah Pesona Wisata Alam Pagaruyung tersebut juga dimeriahkan dengan berbagai arakan talam oleh para Bundo Kanduang yang menggambarkan berbagai adat budaya masyarakat seperti arakan talam manjalang mintuo, arakan talam manujuh bulan, turun mandi dan lain sebagainya. 


Selain itu juga ada penampilan kesenian tradisional, kuliner dan yang paling menarik adalah Offroad Jelajah Pesona WisataAlam Pagaruyung. (F12)