Waqaf 1000 Hafizh Ke-7 Dilaksanakan di Istano Basa Pagaruyung -->

Iklan Atas

Waqaf 1000 Hafizh Ke-7 Dilaksanakan di Istano Basa Pagaruyung

Senin, 24 Oktober 2022

Bupati dan Wabup Tanah Datar foto bersama dengan peserta Waqaf 1000 Hafizh, di Istano Basa Pagaruyung

 

Tanah Datar, fajarsumbar.com - Meski diwarnai gerimis, namun tidak mengurangi hikmatnya pelaksanaan Waqaf 1000 Hafizh Ke-7 tahun 2022, di halaman Istano Basa Pagaruyung Batusangkar, Minggu (23/8) 


Ketua Panitia Pelaksana Iqbal Ramadi Payana yang juga Sekretaris Daerah Kabupaten Tanah Datar menyampaikan, kegiatan Waqaf 1000 Hafizh bertujuan mendorong semangat dan minat baca untuk menghafal Al-Qur'an, dalam mencapai Kabupaten Tanah Datar sebagai Kabupaten Madani. 


"Kegiatan Waqaf 1000 Hafizh juga bersinergi dan sejalan dalam mendukung Program Unggulan Tanah Datar yakni Program Satu Rumah Satu Hafizh/Hafizah, yang nantinya 15 sampai 20 tahun ke depan, generasi muda dan pemimpin di Tanah Datar adalah orang penghafal Al-Qur'an," sampainya. 


Dikatakan Iqbal, 1000 peserta Waqaf merupakan hasil seleksi dua tahap, yang dilaksanakan pada bulan Agustus 2022 di Masjid Nurul Amin Pagaruyung. "Dari hasil seleksi telah menghasilkan 38 orang peserta terbaik dari Kecamatan dan masing-masing kelompok. Dan juga berhasil menentukan 6 Nagari terbanyak yang telah memasang stiker 1 rumah 1 hafizh/hafizah," sampainya. 


Iqbal juga mengatakan, para peserta Waqaf akan diberikan sertifikat dan medali, yang akan diserahkan Bupati dan Wakil Bupati Tanah Datar, serta Forkopimda dan pejabat di lingkungan Pemkab Tanah Datar, dan akan diakhiri dengan tausyiah oleh Ustadz H. Wijayanto dari Jogjakarta. 


Sementara itu, Bupati Eka Putra mengatakan, Ia begitu terharu melihat dan menyaksikan semangat generasi muda dan orang tua, yang telah mampu berpartisipasi dalam kegiatan Waqaf 1000 Hafizh k-7 tahun 2022 ini. 


"Terima kasih kepada seluruh panitia dan dukungan Lajnah Tahfizul Qur'an, Forum Komunikasi Rumah Tahfizh dan pihak lain yang tidak bisa disebutkan satu persatu, namun yang istimewa kepada orang tua, yang telah mendorong dan membimbing anaknya untuk menjadi seorang Hafizh atau Hafizah," ujar Eka Putra. 


Diungkapkan Eka lagi, pelaksanaan Waqaf 1000 Hafizh tahun ini yang dilaksanakan di Istano Basa Pagaruyung, menjadi pengobat rindu dan semangat baru bagi masyarakat Tanah Datar, karena 2 tahun belakangan pandemi Covid-19, sehingga kegiatan ini dilaksanakan secara terbatas di Indo Jolito. 


"Alhamdulillah, kegiatan Waqaf tahun ini bisa dilaksanakan di Istano Basa Pagaruyung, semoga menjadi awal dan penambah semangat kita semua untuk menjadi penghafal Al-Qur'an yang sejalan dengan Program Unggulan Satu Rumah Satu Hafizh/Hafizah di Tanah Datar," katanya. 


Sebelumnya, Ketua DPRD Tanah Datar Rony Mulyadi Dt. Bungsu juga menyampaikan apresiasi dan ucapan selamat, atas terselenggaranya kegiatan Waqaf 1000 Hafizh ke 7 Tahun 2022. 


"Selamat dan sukses atas penyelenggaraan kegiatan Waqaf hari ini, tak terasa sudah melaksanakan untuk ke tujuh kalinya, dan setidaknya sudah ada 7.000 hafizh. Semoga ke depan bisa mengamalkan isi dan kandungan Al Qur'an dalam kehidupan sehari-hari," kata Ketua DPRD. 


Turut hadir Wakil Bupati Tanah Datar Richi Aprian, anggota DPRD Sumbar, Forkopimda Tanah Datar, Bupati Periode 2005 - 2015 Shadiq Pasadiqoe, Wakil Bupati Periode 2005 - 2010 H. Masnefi yang juga Ketua MUI Tanah Datar, Ketua TP PKK Tanah Datar Ny. Lise Eka Putra, Ketua TP PKK periode 2016-2021 Ny. Emi Irdinansyah Tarmizi dan undangan lainnya. (F12)