Anggota DPR RI Darul Siska dan BBPOM Berikan Edukasi Tentang Obat dan Makanan Kepada Masyarakat -->

Iklan Atas

Anggota DPR RI Darul Siska dan BBPOM Berikan Edukasi Tentang Obat dan Makanan Kepada Masyarakat

Jumat, 04 November 2022

Kegiatan Komunikasi Informasi dan Edukasi tentang obat dan makanan, oleh Anggota DPR RI Darul Siska bersama BBPOM Padang

 

Tanah Datar, fajarsumbar.com - Wakil Bupati (Wabup)Tanah Datar Richi Aprian, SH. MH, secara resmi membuka kegiatan Pemberdayaan Masyarakat Melalui Komunikasi Informasi dan Edukasi Bersama Tokoh Masyarakat, di GOR Jorong Bulu Kasok, Nagari Tabek, Kecamatan Pariangan, Jum'at (04/11/22)


Kegiatan tersebut merupakan dalam rangka Reses Anggota DPR RI Komisi IX Drs H Darul Siska, yang bekerjasama dengan Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) Padang, yang turut dihadiri Camat beserta Forkopimca, Tokoh masyarakat Retri Husda, Wali Nagari, KAN, Tokoh pemuda, Bundo kanduang, serta undangan lainnya.


Dalam sambutannya, Kepala BBPOM Padang Drs Abdul Rahim menyampaikan, bahwa dalam pelaksanaan tupoksinya Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) bertugas mengawasi segala produk obat-obatan, kosmetik dan makanan.


"BBPOM dan BPOM memiliki tupoksi yang berbeda, tugas dan fungsi BBPOM adalah menyusun rencana dan program di bidang pengawasan obat dan makanan, pemeriksaan sarana atau fasilitas produksi, distribusi serta pelayanan kefarmasian obat dan makanan," ujarnya.


Sedangkan, BPOM melakukan penyusunan kebijakan nasional di bidang pengawasan obat dan makanan, untuk pengawasan obat tugasnya, menyusun dan penetapan norma, standar, prosedur, dan kriteria. Melakukan pengawasan obat sebelum beredar dan pengawasan selama beredar


"Kita melakukan pengawasan terhadap semua produk, untuk memberikan jaminan kepada masyarakat. Dan semua produk akan diuji di laboratorium, untuk memastikan apa yang terkandung di dalam obat dan makanan tersebut," tutur Abdul Rahim.


Sementara itu, Anggota DPR RI Drs. Darul Siska sampaikan, bahwa Komisi IX menaungi bidang kesehatan, untuk itu kewajibannya untuk menyampaikan edukasi tentang bidang kesehatan kepada masyarakat .


"Kami memiliki program untuk dijual kembangkan melalui dana pokir, apabila masyarakat memiliki suatu program atau kegiatan, kami dari DPR RI bisa memberikan bantuan melalui pokir kami," jelas Darul Siska.


Untuk itu menurut Darul Siska, dengan adanya kegiatan tersebut bisa bermanfaat, dan kepada peserta yang hadir diharapkan bisa perpanjangan tangan dari BBPOM, dalam memberikan edukasi kepada masyarakat cerdas dalam memilih obat dan makanan.


Sementara itu, Wabup Richi Aprian dalam kesempatan tersebut menyampaikan, ucapan terima kasih kepada anggota Komisi IX DPR RI Darul Siska, yang telah memilih Tanah Datar khususnya Nagari Tabek, dalam rangka kegiatan Pemberdayaan Masyarakat Melalui Informasi dan Edukasi. 


"Terima Kasih juga kepada kepala BBPOM serta para tokoh wanita Tanah Datar, yang secara tidak langsung telah memberikan dukungan kegiatan sosialisasi produk kecantikan, obat obatan dan makanan sehat dan menyehatkan," sampai Wabup.


Untuk itu Wabup berharap, dengan adanya kegiatan perberdayaan tersebut, bisa bermanfaat bagi masyarakat dalam memilih obat dan makanan, yang sekaligus bisa menghindar dari bahaya yang mengganggu kesehatan. 


"Diharapkan keseriusan peserta dalam mengikuti acara ini, agar memahami dan merubah mindset para pengguna kosmetik, terutama remaja putri, bahwa cantik itu tidak harus putih, tinggi dan langsing. Agar masyarakat lebih memahami bahwa cantik secara sehat itu seperti apa," pungkas Wabup. (*/F12)