Bangkitkan Olahraga Rekreasi, Pengurus KORMI Tanah Datar 2022-2026 Dikukuhkan -->

Bangkitkan Olahraga Rekreasi, Pengurus KORMI Tanah Datar 2022-2026 Dikukuhkan

Minggu, 27 November 2022

Ketua KORMI Tanah Datar Richi Aprian menerima bendera petaka dari Ketua KORMI Sumbar Aristo Munandar, dalam pengukuhan KORMI Tanah Datar

 

Tanah Datar, fajarsumbar.com - Pengurus Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (KORMI) Kabupaten Tanah Datar periode 2022-2026, yang diketuai oleh Richi Aprian, SH. MH, yang juga Wakil Bupati Tanah Datar, secara resmi dilantik dan dikukuhkan langsung oleh Ketua KORMI Provinsi Sumatera Barat Drs. H. Aristo Munandar, di depan Sekretariat Kantor KORMI Tanah Datar, Minggu (27/11/22). 


Pelantikan dan Pengukuhan Ketua dan Pengurus KORMI Kabupaten Tanah Datar masa bakti 2022-2026 yang dihadiri segenap pengurus KORMI Sumbar, Forkopimda Tanah Datar, anggota DPRD, Kepala OPD, Ketua LKAAM Tanah Datar, Pimpinan BUMN dan BUMD dan undangan lainnya. 


Usai pelantikan, Ketua KORMI Sumbar Aristo Munandar menyampaikan ucapan selamat kepada ketua dan segenap pengurus KORMI Tanah Datar, dengan harapan KORMI Tanah Datar dapat mengembangkan dan menggali budaya, yang telah ada sejak turun temurun dan dari dahulu dahulunya. 


"Saya melihat Tanah Datar sangat spesifik, pelantikan hari ini memang dilapangan terbuka tetapi kita mendapati berbagai olahraga tradisional. Hal ini menjadi menarik, karena ini memang Luhak nan Tuo dengan sejarahnya yang cukup panjang, tentu banyak nilai-nilai budaya yang ada dan mungkin karena kemajuan zaman mulai tertinggal dan terabaikan," ujar Aristo Munandar. 


Namun demikian tambahnya, dengan telah dilantiknya KORMI Tanah Datar hari ini, diharapkan ini akan kembali muncul dan menggeliat di tengah-tengah masyarakat. 


"Saya yakin dengan komitmen ketua dan segenap pengurus KORMI Tanah Datar, olahraga tradisional di Tanah Datar akan kembali muncul. Inilah yang dibutuhkan bangsa, sebab budaya daerah akan memperkaya budaya-budaya tersebut," tambahnya. 


Untuk itu sambungnya, melalui KORMI sasaran lainnya adalah agar warga Tanah Datar menjadi warga yang sehat, warga yang bugar, warga yang gembira dan warga yang produktif dalam kehidupan sehari-hari. 


Untuk kepentingan masyarakat, Aristo Munandar juga berharap KORMI Tanah Datar mampu menjaga soliditas, kekompakan dan mampu menjalin komunikasi dengan berbagai pihak, sehingga KORMI ini ada menjadi milik semua masyarakat Tanah Datar. 


Sementara itu, Wakil Bupati Richi Aprian yang terpilih sebagai Ketua KORMI Tanah Datar katakan, bahwa kehadiran KORMI berbeda dengan komite olahraga lainnya yang ada di Indonesia. KORMI ini lebih kepada bagaimana kami seluruh pengurus, akan mengingatkan lagi kepada masyarakat, bahwa sebagai Luhak nan Tuo tentu banyak permainan-permainan tradisional dan juga olahraga tradisional yang sebenarnya bisa dimainkan oleh anak-anak kita sekarang. 


"Ini salah satu harapan kami untuk mengalihkan, kalau kita memberhentikan semua anak-anak untuk bermain handphone sepertinya tidak mungkin, tapi bagaimana kita mengalihkan bahwa ada permainan-permainan tradisional, yang kita sudah punya dan banyak sekali seperti tadi ada permainan cakbur, congklak, catur harimau, catur 18, catur 9 dan masih banyak lagi dan sebenarnya itu permainan-permainan zaman dulu yang kita miliki," terang Richi Aprian. 


Wabup Richi juga sampaikan, bahwa KORMI Tanah Datar siap mensosialisasikan permainan-permainan ini kembali ke sekolah sekolah, baik itu pada tingkat dasar dan sekolah menengah pertama. 


"Jadi harapan kita mudah-mudahan ke depannya, ada seolah-olah seperti Olimpiade. Seperti Olimpiade main cakbur dan permainan-permainan tradisional lainnya. Dengan harapan ini bisa menyalurkan semangat dan energi yang luar biasa dari anak-anak kita nantinya," tambahnya 


Richi tambahkan, tadi bahkan ada kejadian yang agak miris terkait dengan permainan cakbur, kami bertanya kepada beberapa orang anak mereka tidak mengerti. "Namanya saja mereka juga tidak tahu, bagaimana mereka bisa memainkannya, padahal permainan-permainan ini adalah permainan yang dimainkan oleh orang tua mereka dulu," sambungnya. 


Untuk itu Wabup Richi berharap, dengan hadirnya KORMI di Tanah Datar, akan mampu menghimpun semua olahraga-olahraga tradisional dan kegiatan kemasyarakatan, yang bisa sama-sama dikembangkan lagi di Tanah Datar. 


Pada kegiatan tersebut, juga dilakukan pertandingan eksebisi permainan cakbur, antara Pengurus KORMI Tanah Datar dengan karyawan Bank BRI cabang Batusangkar. (F12)